Peta Batas Pemerintahan Nagari Ditandatangani

PASBAR, METRO – Bidang Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial RI, Ir. Eko Artanto mengatakan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar ), merupakan kabupaten pertama di pulau Sumatera yang telah menyelesaikan penetapan dan penegasan batas desa atau nagari. Untuk wilayah Indonesia, Pasbar urutan ketiga sebagai kabupaten yang telah menyelesaikan peta batas desa.
“Kami apresiasi Kabupaten Pasbar menjadi kabupaten pertama di Pulau Sumatera yang telah menyelasaikan peta batas desa sekaligus kami melihat untuk proses dan tahapan serta data pendukung yang dipenuhi dalam penegasan batas desa, kabupaten ini paling komplit dan terbaik di seluruh Indonesiam.” Ujar Eko.
Bupati Pasbar, H. Yulianto mengatakan, bahwa peta batas nagari merupakan kendala selama ini dalam proses pemekaran batas nagari, harapan kami dengan selesainya batas nagari ini seluruh harapan masyarakat Pasbar untuk terwujudnya nagari defenitif akan menjadi kenyataan.
“Hari ini menjadi tonggak sejarah dan momen yang sudah dinantikan oleh seluruh lapisan masyarakat bumi mekar Tuah Basamo dalam hal pemekaran nagari, dengan selesainya peta batas nagari se-Pasbar.
Maka proses penataan nagari di kabupaten kita akan segera disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk dapat diusulkan menjadi nagari defenitif dan mendapatkan kode desa dari Kemendagri.” ujar Yulianto.
Dengan terlaksananya kegiatan penandatanganan ini, diharapkan akan menjadi kado terindah untuk seluruh masyarakat bumi mekar Tuah Basamo yang sebentar lagi akan memasuki usia yang ke-16 tahun.”terangnya.
Kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan Klarifikasi Dokumen Kelengkapan Nagari Persiapan se Kabupaten Pasbar oleh Kementerian Dalam Negeri bertempat di Hotel Bumi Minang Padang (26 s/d 28), yang diikuti oleh Wali Nagari dan Camat se-Pasbar, dalam agenda tersebut juga dilaksanakan kegiatan penandatanganan peta kerja hasil kesepakatan batas seluruh nagari se-Pasbar serta penandatanganan peta batas nagari oleh Bupati Pasbar, H. Yulianto. (end)

Exit mobile version