BBM Solar Langka, Antrean Mengekor Hingga 1 KM

PASBAR, METRO – Bahan Bakar Minyak (BBM), jenis solar langka di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Untuk mendapatkan BBM subsidi tersebut, sopir terpaksa harus bermalam di SPBU.
Akibatnya, hampir 1 kilometer kendaraan antrean mengekor di jalan lintas di salah satu SPBU di Kecamatan Pasaman yakni SPBU Batang Toman Pasbar. Untuk menunggu kedatangan BBM bersubsidi tersebut.
“Jatah yang diberikan Pertamina tidak sebanding lagi dengan jumlah permintaan yang ada,” sebut Pengelola SPBU Batang Toman, Suardi kepada POSMETRO Minggu (11/11) kemarin.
Dikatakan Suardi, sedangkan jumlah kendaraan pengguna BBM menurutnya terus meningkat, sementara untuk pemasukan Bio Solar sendiri hampir menyeluruh di SPBU di Pasbar terjadi pengurangan hingga 50 persen oleh Pertamina.
“Sekarang jatah kita hanya 8.000 liter atau Delapan Ton, (setengah tengki). Itupun kedatangan minyak tersebut juga tidak tiap hari. “ujarnya
Di jelaskannya, dengan jatah setengah tengk itu, tentu tidak sampai setengah hari BBM subsidi ini sudah habis. Apa lagi sekarang, kita bisa melihat dengan jumlah kendaraan yang terparkir sekarang, diperkirakan solar yang akan bongkar nanti sudah habis dan dikhawatirkan tidak mencukupi
“Kan kasihan, dengan adanya kondisi ini terkadang membuat banyak kendaraan bersama pengemudinya harus menginap dikendaraannya. Sehingga hal itu sering kali membuat kemacetan terjadi di jalan sekitar SPBU ini,” ungkapnya.
Sementara itu, salah seorang sopir truk pengangkut Buah Sawit, Eri (39),mengatakan, jika ini terus-terusan berlanjut dan akan berdampak pada pendapatannya.
“Karena langka ini, saya tidak bisa tiap hari lagi membawa buah sawit ke pabrik. Sebab bagaimana mobil bisa berjalan kalau minyaknya tidak ada,” terangnya.
Ditempat terpisah, Erik (32), pengedara lainya mengatakan,kelangkaan Solar ini,nampaknya tidak di Pasbar saja di kota Padang dan Bukitinggi juga mengalami hal yang sama.
”Kemarin saya baru pulang dari Padang Solar jugs langka di SPBU di kota Padang.”kata Erik. (end)

Exit mobile version