Pada 2020, Pasaman Absen Ikut TdS

PASAMAN, METRO – Etape ll Tour de Singkarak (Tds), Pasaman-Bukittinggi pada minggu (3/11) berjalan lancar, sukses, aman dan meriah, akan tetapi pada tahun 2020 mendatang, Kabupaten Pasaman memastikan diri untuk absen dalam ajang balapan berskala Internasional tersebut.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pasaman Linggoman Siregar usai pelaksanaan etape ll TdS kemarin.
“Benar, tahun 2020 kita absen dulu,” kata Linggoman.
Diakui Linggoman, absennya Pasaman dalam ajang tahunan ini, lantaran proses Pilkada yang bakal dilaksanakan pada tahun 2020, sebab, kata dia, keduanya merupakan agenda besar. Setelah ditimbang-timbang, pemerintah fokus dulu untuk mendukung proses Pilkada.
Disinggung kontrak keikutsertaan di tahun-tahun selanjutnya, Linggoman belum bisa memberikan keputusan. Hal ini disebabkan situasi dan kondisi pasca Pilkada.
“TdS ini bagus , dampaknya memang tidak spontan, namun jangka panjangnya banyak manfaat positif. Salah satunya tingginya animo masyarakat hidup sehat dengan bersepeda dan ada upaya lobi-lobi pemerintah dengan investor yang datang di balik tim survei TdS. Tahun-tahun berikutnya, apakah Pasaman bakal ikut, ini tergantung situasi dan kondisi, terutama keuangan daerah” kata Linggoman.
Sementara salah seorang warga Lubuk Sikaping Andalusia menyebutkan, Keikutsertaan Pasaman sebagai tuan rumah ajang balapan berskala internasional itu membawa dampak besar bagi pemerintah kabupaten pasaman sendiri.
Salah satunya yakni insprastruktur jalan provinsi kian bagus tahun ke tahun, selain itu para investor banyak melirik Pasaman trakhir investor akan mengembangkan tanaman kenap di Pasaman sekaligus akan membangun pabrik kenap di daerah pasaman ini.
Dimana kenap kata dia merupakan tanaman yang begitu mudah di budidaya dan sangat cocok dikembangkan di Pasaman dan nilai ekonomisnya cukup tinggi. Terkait tidak siapnya Pemkab Pasaman untuk ikut sebagai tuan rumah TdS pada tahun 2020 mendatang itu wajar saja. Sebab pada tahun 2020 Pasaman akan menyelenggarakan Pilkada.
“Ya, wajar saja kalau pasaman absen sebagai tuan rumah. Namun, kita juga berharap pada tahun mendatang  Pasaman harus ikut sebagai tuan rumah TdS,” kata Andalusia. (cr6)

Exit mobile version