Kunjungan Wisatawan Capai 794 Ribu

TANAHDATAR, METRO – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan ada 3 iven di Sumatra Barat yang masuk 100 Wonderful Event 2019, yakni Tour de Singkarak, Festival Minangkabau dan Festival Pasa Harau.
Dalam keterangannya, Kadis Abdul Hakim menyampaikan, iven pariwisata yang bakal digelar bisa menjadikan Tanahdatar sebagai destinasi utama pariwisata Sumbar dan Nasional.
“Dengan iven pariwisata yang dirancang dan dilaksanakan di Tanahdatar diharapkan semakin meningkat jumlah kunjungan wisatawan sehingga berdampak meningkatnya PAD,” ungkapnya.
Sementara itu, tambah Abdul Hakim, target 1.075.000 kunjungan ke Tanah Datar, saat kondisi 31 Agustus baru mencapai 794.000 kunjungan.
Wabup Zuldafri Darma menyampaikan, iven TdS tahun 2019 yang sudah masuk pelaksanaan ke 11 kalinya dan akan libatkan 15 Kabupaten/Kota di Sumbar serta 2 kabupaten dari Provinsi Jambi diikuti 20 tim dari 25 negara tentu diharapkan memberikan kontribusi bagi Tanah Datar.
“TdS 2019 ini, pada etape 1 Istano Basa Pagaruyung menjadi lokasi finish, kemudian etape 3, 4 dan 6 akan melewati beberapa kecamatan kita. Dan 4 kali juga Batusangkar menjadi lokasi menginap bagi para pembalap, tentu ini akan memberikan dampak ekonomi yang bagus bagi daerah dan masyarakat kita,” ujar Wabup.
Untuk diketahui etape 1 pada hari Sabtu 2 November 2019, dan yang melewati Tanah Datar etape 3 Senin 4 November 50 Kota – Padang Panjang, Etape 4 Selasa 5 November Payakumbuh – Agam dan Etape 6 Kabupaten Solok – Kabupaten Solok Selatan. (ant)

Exit mobile version