Pelaksanaan Germas Harus Dimulai dari Keluarga

TANAHDATAR, METRO – Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh karena itu seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat untuk membentuk karakter generasi.
Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma pada Launching GERMAS yang ditandai dengan pemukulan gong di Lapangan Hijau Kecamatan Lima Kaum, Kamis (17/10) yang dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Aryus Wandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Forkopimca, Guru dan Siswa SD,SMP dan MAN se nagari Lima Kaum.
Wabup Zuldafri sampaikan GERMAS merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
“Dari data PHBS tahun 2017 angka rumah tangga yang ber-PHBS sebanyak 46,07 persen dan tahun 2018 sebanyak 47,45 persen dari data tersebut terlihat masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam membudayakan gerakan hidup sehat. Dengan demikian masyarakat rentan dari bahaya gizi buruk, diare bahkan meningkatnya angka kematian,” kata wabup.
Sebelumnya Kabupaten Tanahdatar sudah mencanangkan Gerakan Peduli Sehat (GELIAT) pada tahun 2017 lalu dengan tujuan membudayakan prilaku hidup sehat di tengah-teangah masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku.
Wabup juga harapkan melalui GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. Semua itu dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar.
Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Provisi SumbarAryus Wandi mengatakan, GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif. Tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.
“Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran dari sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat,” kata Aryus.
Melalui GERMAS, Aryus harapkan peran pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Tanahdatar menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya dengan tujuan terwujudnya membudayakan masyarakat hidup sehat.
Pada kesemptan tersebut juga dilaksanakan penandatangan komitmen bersama dan makan buah bersama yang diawali Wabup Zuldafri Darma diikuti undangan, masyrakat dan siswa-siswi yang hadir. (ant)

Exit mobile version