Implementasikan UU 24/2009, Kominfo dan Balai Bahasa Provinsi Gelar Penyuluhan

TANAHDATAR, METRO – Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar mengerjakan Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang selama 3 hari, 15 hingga 17 Oktober 2019 yang bertempat di Aula Eksekutif Kantor Bupati.
Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Dr. Eva Krisna mengatakan, kegiatan ini dilandasi semangat mengimplementasikan UU 24/2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara yang juga telah memperkuat Perpres.
“Sebagai pelaksana tugas pembinaan, pengembangan dan pemasyarakatan bahasa Indonesia, Balai Bahasa yang ingin masyarakat bisa berkomunikasi dengan baik dan benar-benar sesuai dengan kaidah,” ucap Eva.
Disampaikan Eva, untuk mencapai tujuan tersebut Balai Bahasa mengadakan beberapa kegiatan untuk beberapa segmen seperti media massa, media luar ruang, tenaga profesional, literasi dan badan publik.
“Bahasa Indonesia memperbaiki perkembangan dari waktu ke waktu perlu disampaikan kepada masyarakat bagaimana bisa memperbaiki dengan baik dan benar,” sebut Eva lagi.
Kadis Kominfo Tanah Datar
“Pemerintah daerah menyambut baik kegiatan ini dan berharap bisa berhasil mengingat begitu penting dan bermanfaat perlu aparatur bisa membuat tulisan lisan maupun tulisan dengan baik dan benar,” jelasnya lagi.
Abrar jelaskan Bahasa Indonesia adalah bahasa negara sebagai jati dirI, identitas bangsa Indonesia, pemersatu dan sarana komunikasi.
“Diawali dengan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, tekad bangsa Indonesia menyatakan bahasa persatuan Indonesia juga telah dituangkan dalam UUD 1945 pasal 36 bahasa negara Indonesia,” kata Abrar.
Terkait penggunaan bahasa Indonesia media luar ruang, Abrar berharap kesalahan-kesalahan mengenai bahasa Indonesia pada media luar ruang seperti baliho, spanduk, poster, videotron dan lainnya dapat diperbaiki.
“Kita berharap dengan pembahasan ini, kesalahan-kesalahan yang kadang-kadang dianggap benar bisa diperbaiki sesuai kaidah yang benar,” jelasnya.
Kegiatan ini diikuti humas pemerintah dan pengusaha digital printing di kota Batusangkar dengan bahan ejaan, kalimat, bentuk dan pilihan kata. (ant)

Exit mobile version