Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kelola Arsip dengan Digital

PDG.PARIAMAN, METRO – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padangpariaman Hendri Satria menyatakan dinasnya tahun ini fokus mendata arsip seluruh Pemkab Padangpariman secara digital.
“Sebab, arsip tersebut sangat penting daerah itu sehingga secara bertahap akan dimasukkan dalam bentuk digital. Selama ini arsip Kabupaten Padangpariaman belum terdata dengan baik sehingga tahun ini kami fokus untuk itu,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padangpariaman Hendri Satria, kemarin
Katanya, arsip yang akan didata tersebut merupakan dokumen atau berbentuk lainnya tentang Kabupaten Padang Pariaman mulai dari sejarah daerah itu, peraturan daerah, hingga kerja sama yang dijalin Pemkab dengan sejumlah pihak.
Dikatakan, pendataan tersebut tidak saja sebagai bentuk tertib administrasi namun juga untuk mengumpulkan bahan yang nantinya dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan, penelitian, serta keperluan lainnya.
“Saat ini kami fokus mengumpulkannya dulu dan nantinya akan kami jadikan dalam bentuk digital,” ujarnya.
Lebih jauh dikatakan, arsip yang disimpan dan digitalisasi-kan ialah dokumen yang penting sedangkan sisanya akan dimusnahkan sesuai aturan yang berlaku.
“Bukti pembayaran dan jenis lainnya dimusnahkan sesuai peraturan,” ujarnya.
Kemudian Hendri mengatakan meskipun saat ini dinas tersebut fokus mendata arsip daerah namun pihaknya tetap menjalankan program kepustakaan. Adapun program tersebut yaitu mulai dari Mobil Pustaka Keliling, penambahan buku bacaan, dan digitalisasi buku bacaan.
“Tahun sebelumnya kami fokus mengembangkan perpustakaan namun tahun ini pendataan arsip. Kita fokusan karena pihaknya kekurangan tenaga untuk mengelola secara intens kedua bidang tersebut secara bersamaan. Karena kekurangan itu kami harus bekerja memfokuskan satu-satu,” tambahnya mengakhiri.(efa)

Exit mobile version