Galundi Singkarak Festival Dipersiapkan, Menyatukan Kreasi Seni Budaya, Pertanian dan Perikanan

TANAHDATAR, METRO – Menyongsong gelaran pesta rakyat bertajuk Galundi Singkarak Festival yang bakal digelar di Nagari Batu Taba Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat akhir Oktober mendatang, pemerintah Nagari, ninik mamak, pemuda Nagari serta perantau mulai melakukan persiapan.
Camat Batipuh Selatan Herru Rahman, Kamis (11/10), di ruang kerjannya menyampaikan, Galundi Singkarak Festival, merupakan festival rakyat anak Nagari Batu Taba yang mengkolaborasikan, mempertemukan dan menyatukan berbagai aktivitas kreasi seni budaya Minangkabau dengan hasil olahan pertanian, perkebunan dan perikanan dalam satu wadah festival.
“Insya Allah, event yang dipelopori pemuda nagari Batu Taba akan diwarnai Pergelaran Seni, Budaya serta Kuliner yang melibatkan masyarakat setempat dan didukung berbagai komunitas anak muda dari Batusangkar, Payakumbuh, Agam, Bukittinggi dan beberapa daerah lainnya,” sampai Herru.
Festival yang baru pertama kali dilaksanakan di tepian Galundi, Nagari Batu Taba akan diwarnai Pementasan Seni sanggar anak-anak dari berbagai kabupaten dan nagari di Sumbar. Ada 8 sanggar anak-anak yang akan berpentas, termasuk sanggar dari anak nagari Batu Taba.
Kemudian ada, Pacu Biduak (sampan) diikuti pemuda nagari di 5 Jorong di Nagari Batu Taba. Juga ada Atraksi Silek dari anak Nagari serta permainan tradisional anak-anak layaknya acara 17 Agustus dan akan ditampilkan sajian kuliner khas Nagari Batu Taba.
“Mari datang dan nikmati berbagai pertunjukan seni budaya serta sajian kuliner seperti olahan ikan bilih, pensi, pangek sasau dan makanan khas lainnya. Kami juga menyediakan spot yang instagramable untuk berfoto bersama orang terkasih,” tukas Herru.
Sementara itu Wali Nagari Batu Taba Destrianto bersama ketua KAN Basrizal Dt. Pangulu Basa mengungkapkan dukungan atas pelaksanaan festival Galundi Singkarak.
“Festival ini merupakan kegiatan alek anak nagari Batu Taba yang tentunya kami dukung bersama, kesuksesan acara yang baru pertama kali dilaksanakan ini akan membuat nama Batu Taba semakin di kenal dan tentunya berharap wisatawan banyak berkunjung ke sini sehingga akan berdampak pada perekonomian masyarakat kita,” sampai Destrianto. (ant)

Exit mobile version