2 Tahun H.Riza Falepi – Erwin Yunaz, Bawa Perubahan di berbagai Sektor Kehidupan Masyarakat

TIDAK terasa sudah dua tahun perjalanan kepemimpinan Wali Kota Payakumbuh dan Wakil Wali Kota H.Riza Falepi dan Erwin Yunaz. Banyak perubahan yang dirasakan masyarakat Kota Payakumbuh selama dua tahun belakangan.
Keharmonisan dan kekompakan pasangan Riza Falepi-Erwin Yunaz, membuat berbagai pembangunan baik fisik maupun SDM tumbuh pesat. Inovasi dan terobosan diberbagai bidang pelayanan tidak henti-henti dilahirkan. Bahkan tidak sedikit daerah lain belajar ke-Kota Payakumbuh. Lalu bagaimanan tanggapan tokoh masyarakat Kota Payakumbuh, yuk kita simak !!!.
Wirianto Dt.Paduko Bosa Marajo  (Ketua LKAAM)

Peduli dengan Kemiskinan
BEBERAPA hal kita apresiasi pasangan H.Riza Falepi-Erwin Yunaz, terutama kepeduliannya terhadap kemiskinan. Dulu, di Dinas Sosial ada program Mitra Kenanga (Kesejahteraan Anak Nagari), ini perlu dihidupkan kembali. LKAAM pada prinsipnya sangat mendukung program wako dan wawako, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Melihat kemampuan memimpin Payakumbuh, dimana kini sangat tampak kemajuan pembangunan baik di segi pembangunan fisik, SDM dan akhlak di Payakumbuh, maka H.Riza Falepi sudah layak jadi Gubernur Sumbar ke depan, dan kita akan dukung itu.
Dari segi pendidikan adat budaya, yang dianggarkan melalui beberapa SKPD, ini cukup. Wako cukup komit untuk ini. Seperti kegiatan carano basa balega yang diantaranya pelatihan-pelatihan adat disetiap nagari, ini perlu ditingkatkan. Sebab, belajar adat itu tidak bisa sehari dua hari, mesti ada kegiatan berkelanjutan. Sehingga ada silabus yang dapat mendidik anak nagari terkait adat dan budaya. Untuk masa mendatang kita harapkan dapat ditingkatkan lagi, meski untuk saat ini sudah cukup baik.
Ahmad Ganny (Ketua KNPI)

Sukses dengan Program Kepemudaan
WAKO dan wawako berhasil menjaga keharmonisan.
Ini adalah modal dasar dalam membangun Kota Payakumbuh. Sehingga kekompakan ini membawa perubahan diberbagai sektor kehidupan di masyarakat.
Kita berharap pengembangan SDM dan peran pemerintah menghidupkan organisasi kepemudaan. Dan, pemuda diberi ruang untuk berkreasi sesuai dengan keinginan dan skil yang dimilikinya. Kemudian, diberikan beasiswa kepada anak-anak Payakumbuh yang tidak mampu dan berprestasi. Dan ada juga yang mampu secara pinansial tapi tidak ingin melanjutkan pendidikan tentu ini perlu ruang untuk berusaha.
Pemerintah juga harus hadir memberikan jaminan agar anak-anak muda ini dapat dengan mudah mendapatkan modal melalui Bank.
Kemudian, juga harus ditingkatkan pelatihan keterampilan usaha sehingga anak-anak muda enterpreneurship bermunculan di Payakumbuh.
Pemerintah juga harus bisa melahirkan BUMD atau lembaga yang menangani soal kreativitas anak-anak muda di Payakumbuh. Sehingga, di samping mengurangi angka pengangguran juga dapat menjadi sumber pemasukan PAD bagi pemerintah. Selama ini dalam penempatan seseorang pada satu bidang pekerjaan sudah berdasarkan kemampuan bukan kedekatan, dan kita dukung ini, sehingga wako memang sudah pas untuk maju jadi Gubernur Sumbar.
Mismardi, BA (Ketua MUI Payakumbuh)

Pasangan Serasi, Kompak
”Dicaliak dari daerah lain, baru, sudah ada ketidakcocokan. Tapi, wako dan wawako kita sudah serasi dan kompak. Jadi dampak dari kekompakan itu pembangunan jalan dan roda perintahan cukup bagus saya lihat hari ini. Kekompakan ini harus terus dijaga.
Berbagai prestasi baik tingkat Sumbar maupun nasional yang diraih wako, juga buah dari keberhasilan dalam merawat kebersamaan antar intansi dan atasan dengan bawahan serta dengan masyarakat Payakumbuh umumnya.
Dan, memang cocok pak Riza Falepi, jadi Gubernur Sumbar, didiri beliau takah lai, tokoh iyo pulo, intelektual, masih sangat muda dan energik. Kita salut, beliau pantang menyerah dalam membangun kota, tidak ada yang susah oleh beliau, jadi akan dukung beliau untuk Sumbar.
Dari segi keagamaan, sebenarnya sejalan dengan pembangunan, karena membangun SDM atau mental itu sejalan. Dan, kini kita hanya mengharapkan ada kesuksesan pak wali seiring dengan kesuksesan Baznas. Tentu kita harapkan ada komitmen kuat dari pak wali agar zakat di Payakumbuh terus meningkat.
Kemudian, dari segi pekat dan maksiat, Buya memuji H.Riza Falepi dimana sangat berani melawan maksiat di tengah-tengah masyarakat, bahkan pak Walikota bersama elemen masyarakat mendeklarasikan anti pekat, maksiat dan LGBT di Payakumbuh.
Tidak semua pemimpin mampu melakukan ini. Ambo angkek tangan dan acungkan jempol untuk pak wali kota.
Yusra Maiza (Ketua KONI Payakumbuh)

Peduli Atlet
Perhatian pasangan H.Riza Falepi-Erwin Yunaz terhadap generasi muda dan olahraga sangat bagus. Ini sudah terlihat sejak awal H.Riza Falepi menjadi wako. Dan perhatian wako serta wawako terhadap atlet terus dilakukan.
Beliau bahkan terus mensupor anak-anak sekolah sejak dini untuk berprestasi diberbagai bidang olahraga.
Ke depan ini tentu kita harapkan semakin ditingkatkan sehingga Payakumbuh tampil menjadi daerah yang lebih banyak lagi melahirkan atlet-atlet berlevel nasional.
Ade Vianora (Ketua Karang Taruna Payakumbuh)

Pembangunan yang Menyentuh
BERBAGAI kemajuan sudah dapat dirasakan masyarakat selama dua tahun ini. Di bidang pembangunan fisik banyak yang telah dilaksanakan. Diantaranya, lanjutan normalisasi Batang Agam. Pembangunan jalan dan irigasi, rehab rumah tidak layak huni, pembangunan kantor baru, PDAM, industri rendang dan lainnya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.
Di sektor pembangunan mental dapat dilihat dan disaksikan, kegiatan pelatihan, Bimtek dan berbagai sosialisasi diperuntukkan demi meningkatkan kapasitas dan taraf hidup masyarkat.
Kemudian, gerakan subuh berjamaah, magrib mengaji, dan berkembangnya pondok al quran juga salah satu indikator keberhasilan pemimpin Payakumbuh ini. Dari sisi kepemudaan, generasi muda cukup mendapat ruang oleh pemerintah melalui suport anggaran kegiatan.
Semuanya tentu tidak akan sempurna.
Tapi, kami berharap pemimpin kita ini, Riza Falepi dan Erwin Yunas mampu terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Payakumbuh dan mereka juga layak jadi pemimpin yang mendapatkan penghargaan. (**)

Exit mobile version