Pariaman Miliki Alam Indah dan SDM Andal

WALI Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan, daerahnya dikenal masyarakat dunia luar, karena kaya dengan keindahan alam dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.
”Mengarap semua kekayaan alam dan SDM tersebut kita butuh waktu dengan dibuktikan dengan kerja keras yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman saat ini,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin.
Katanya, saat ini pemko selalu melakukan pembenahan di segala bidang, guna mendukung setiap program yang telah dibuat saat ini. Dengan demikian semua program unggulan tersebut dapat dirasakan secara langsung masyarakat.
”Salah satu bentuk program kerja yang akan dilaksanakan sekarang ini oleh Pemerintah Kota Pariaman adalah menjalin kerjasama dalam penandatanganan nota kesepahaman perjanjian kerjasama dan launching aplikasi Pariaman menuju smart city,” katanya.
Dikatakan, dengan penanda tanganan MoU dengan Bank Nagari dalam hal pemanfaatan aplikasi e-Retribusi untuk optimalisasi aspek pelayanan publik dan kerjasama dengan Universitas Andalas dalam pengembangan konsep smart people for healthy city di Kota Pariaman.
Salah satunya, lanjut Genius Umar, dalam bidang pendidikan terutama pengembangan SDM, bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyarakat. Itulah pengarapakn SDM untuk persiapan generasi masa depan.
“Saya menyambut baik kerjasama dengan Bank Nagari dalam pemanfaatan aplikasi e-Retribusi untuk optimalisasi aspek pelayanan publik, dan kerjasama dengan Universitas Andalas dalam pengembangan konsep smart people for healthy city di Kota Pariaman,” ujarnya.
Dalam bidang pendidikan lanjutnya, terutama pengembangan SDM, bidang penelitian dan bidang pengabdian kepada masyarakat dan terus melakukan kerjasama dengan pihak terkait untuk dapat mendukung setiap program Pemerintah Kota Pariaman dalam implementasi smart city yang modern.
“Melalui kerjasama pengembangan smart city yang berkelanjutan, dan komitmen Pemerintah Kota Pariaman dalam mewujudkan smart city ini, telah mendapatkan apresiasi dengan diperolehnya penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI),” ungkapnya.
Ia pun menambahkan, dalam upaya memperbaiki pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman maka kerjasama ini dilakukan antara Bank Nagari dengan Pemerintah Kota Pariaman.
”Sehingga dapat merumuskan penyelesaian masalah, dan dapat mempercepat pengembangan Sustainable Smart City di Kota Pariaman, salah satunya adalah dimensi Smart Governance yaitu gerakan non tunai (Lessca Society) kepada masyarakat dengan memanfaatkan aplikasi e-Retribusi yang dikembangkan oleh Bank Nagari,” ujarnya.
Aplikasi e-Retribusi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi waktu, pencatatan data, serta meminimalisir kesalahan transaksi pembayaran sistem online, terutama mencegah adanya kebocoran keuangan Daerah, sehingga potensi PAD lebih optimal dan terukur,” tuturnya menambahkan.
Genius Umar berharap semoga program Pariaman menuju Smart City yang berkelanjutan, terus didukung oleh semua stake holder, karena smart city bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Pariaman saja, akan tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama.
“Semoga kerjasama yang terjalin saat ini, dengan penandatanganan MoU, mulai dari Bank Nagari, Universitas Andalas dan GOJEK, yang menunjukan perwakilan dari perbankan, dunia pendidikan serta swasta, melalui Pemerintah Kota Pariaman, selalu bersinergi, saling bekerjasama, untuk mewujudkan kemudahan bagi masyarakat Kota Pariaman untuk menjadi lebih baik, serta pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan, dapat terbangun di Kota Tabuik yang dibanggakan ini,” tandasnya. (efa)

Exit mobile version