Antisipasi Banjir, Normalisasi Sungai Penting

PDG.PARIAMAN, METRO – Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, kemarin, meninjau pengerjaan normalisasi aliran Sungai Batang Nareh untuk pengamanan pondasi jembatan Camopago, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padangpariaman.
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni menyatakan, normalisasi Sungai Batang Nareh yang berada di daerah Sikucur Tengah Kecamatan V Koto Kampung Dalam ini sudah dilakukan sejak empat hari terakhir untuk meluruskan aliran sungai.
Sebab katanya, selama ini aliran sungai ini melebar serta dangkal, sehingga dengan mudah banjir merendam pemukiman rumah warga. “Sekarang kita tinjau pengerjaannya yang dilakukan lat berat tengah melakukan penggalian di Sungai Batang Nareh,” ujarnya.
Katanya, normalisasi ini dalam pengerjaan diharapkan dapat berjalan lancar. Sehingga saat musim hujan tidak lagi yang meluap dan dapat merendam pemukiman rumah masyarakat di daerah tersebut.
“Normalisasi yang dilakukan ini merupakan harapan seluruh warga yang tinggal di sekitar sungai karena hampir setiap hujan deras lokasi ini menjadi langganan banjir,” ungkapnya.
Lebih jauh dikatakan, kalau tidak dilakukan normalisasi aliran sungai sudah melebar dan dangkal, karena itu saat hujan deras turun meluap. Makanya, pemkab melakukan normalisasi sungai tersebut menyeluruh agar banjir tidak lagi melanda wilayah tersebut.(efa)

Exit mobile version