Terlantarkan Orang Tua, Siap-siap Kena Sanksi

AGAM, METRO – Menindaklanjuti adanya temuan orang tua yang ditelantarkan, Kasat Pol PP-Damkar Agam Kurniawan Syahputra menghimbau seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Agam untuk lebih peduli dan mengawasi orang tuanya, apalagi yang sudah berusia lanjut.
Bahkan, sebagai wujud bakti anak pada orang tua, masyarakat diminta mengawasi kemanapun mereka pergi termasuk membekali mereka dengan kartu identitas, sehingga jika pun tersesat, tidak masyarakat tidak sulit untuk mengantarkannya kembali ke rumah.
“Kita juga akan memberikan peringatan akan sanksi hukum, jika ada keluarga yang sengaja menelantarkan orang tua, bahkan sampai mengabaikan keberadaannya,” kata Kurniawan Syahputra.
Pernyataan itu ditegaskan Kurniawan Syahputra, menyusul temuan orang tua terlantar tanpa identitas di SPBU Monggong Lubukbasung, Minggu (8/9). Para petugas SPBU dan pedagang asongan di SPBU itu prihatin dan kasihan, karena sang ibu hanya bisa berbiacara sendiri, sambil mengaji sementara nama dan alamatnya tidak diketahui sama sekali.
Mendapat laporan penemuan salah satu wanita lanjut usia tesebut Kurniawan Syahputra langsung bereaksi dengan menurunkan personilnya menbantu ibu tua untuk melacak dimana rumahnya.
”Setelah ditelusuri personil, ternyata si Ibu bernama Rohana (90), tinggal di Monggong, tak begitu jauh dari SPBU tersebut,” jelasnya.
Personil Satpol PP Agam langsung mengantar Ibu Rohana ke kediamannya, dan menyerahkannya pada keluarga. Untuk itu, Kurniawan Syahputra mengajak masyarakat untuk waspada, awasi orang tua lanjut usia dan dampingi mereka.
Kasat Pol PP-Damkar Agam itu juga berterimakasih pada masyarakat yang peduli pada sesama.
” Semangat itu harus terus dibangun untuk seluruh masyarakat sesuai program Ayo Peduli kabupaten Agam,” ujarnya. (pry)

Exit mobile version