Kapal Pembawa Siswa Terbalik, Penumpang dan ABK Mengapung Satu Jam

PASBAR, METRO – Kapal pengangkut siswa SMA IT Darul Hikmah Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat terbalik usai dihantam ombak Minggu (1/9) siang. Lokasinya berada di antara Teluk Air Bangis dan Pulau Panjang, Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Pasbar.
”Alhamdulilah seluruh penumpang dan ABK (anak buah kapal) dalam keadaan selamat. Walaupun mereka mengalami trauma karena sempat terapung-apung di lautan,” kata Kepala Kantor Pos SAR Pasaman Zulfahmi.
Dikatakan Zulfahmi, kejadian berawal pada pukul 08.00 WIB rombongan yang dipimpin Kepala SMA IT Darul Hikmah, Indra Budiman itu berangkat ke Pulau Panjang. Berangkat bersama pembina pramuka Rida Warsa bersama 17 siswa yang merupakan anggota pramuka, tiga guru, dua anggota PMI, satu anggota pramuka Pasbar, seorang wartawan dan tiga orang anak. Totalnya 27 orang.
Mereka berniat melaksanakan bakti sosial dalam rangka pelantikan siswa pramuka. Berangkat menggunakan kapal nelayan jenis jaring udang KM Nindi GT 4 dengan hakhoda Mariadi (36) dan ABK Nail (26 ).
”Berangkat pertama dari dermaga Air Bangis sebanyak 13 orang dan 2 awak kapal menuju Pulau Panjang. Lalu kapal kembali berangkat kedua sebanyak 14 orang dan 2 awak kapal pada pukul 14.00 WIB,” kata Zulfahmi.
Rombongan kembali dari Pulau Panjang menuju Dermaga Air Bangis, setelah perjalanan selama 40 menit pukul 14.40 WIB. Kapal yang membawa rombongan dihantam ombak besar dan langsung terbalik. Seluruh penumpang mengapung di dekat kapal sekira satu jam. Beruntung mereka diselamatkan kapal penumpang lain yang lewat.
”Seluruh penumpang diselamatkan ABK dan penumpang dari 2 unit kapal penumpang yang akan menuju Pulau Panjang. Seluruh penumpang dan awak kapal dalam keadaan selamat. Mereka dibawa ke Puskesmas Air Bangis untuk cek medis,” terang Zulfahmi. (end)

Exit mobile version