Puskesmas Pakan Rabaa Direakreditasi

SOLSEL, METRO – Puskesmas Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh dinilai oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Reakreditasi Puskesmas Pakan Rabaa, kali ini diharapkan mampu terakreditasi Paripurna. “Re Akreditasi Puskesmas Pakan Rabaa, kami berharap mendapat predikat Paripurna. Setidaknya utama,”ujar Bupati Solsel diwakili Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Fidel Efendi, saat pembukaan penilaian re Akreditasi Puskesmas Pakan Rabaa di Wisma Umi Kalsum Muaro Labuah, Selasa malam (27/8).
Reakreditasi merupakan pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen yang ditetapkan oleh menteri kesehatan setelah memenuhi standar.
“Ini merupakan upaya yang sangat baik, untuk mendorong upaya peningkatan peningkatan mutu dan kinerja pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Hal ini agar tercipta kepuasan masyarakat adanya pemenuhan terhadap sarana dan prasarana alat kesehatan, sumber daya manusia dan obat-obatan,”ungkapnya.
Penilaian ini merupakan suatu kegiatan yang penting untuk sistem pelayanan di Puskesmas, di mana dapat memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan.
Ketua tim surveyor Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Kemenkes Drg Yulidar Nur Adinda MKM, mengatakan, kami akan melihat, sejauh mana akreditasi yang dinilai telah berjalan hingga saat ini.
Dimana, lanjutnya, Akreditasi adalah hal yang menyenangkan. “Kami akan melihat sejauh mana Puskesmas tersebut bersolek, apakah sudah berubah jauh, seperti seorang dara yang tampil jelita,”jelasnya, Didampingi anggota tim penilai, dr Denawati M kes dr Era SKM M.Ph.
Kepala Dinas Kesehaan Solsel, H DR Novirman SKM MKM, menyebutkan, re Akreditasi Puskesmas Pakan Rabaa dilakukan, karena pada 2016 telah dilakukan penilaian akreditasi yang mendapat predikat dasar.
“Akreditasi kali ini diharapkan menjadi paripurna, hal ini tentu diharapkan karena kami telah bersolek dan berbenah,”tuturnya.
Dijelaskan, yang dinilai oleh tim surveyor ini ada tiga Pokja, dengan masing Pokja ada tiga bab yaitu, Admin, Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP). “Dari total 9 bab ada 42 standar 168 kriteria, 776 elemen penilaian.
Hari kedua dari penilaian itu, dilakukan telusur lapangan, yakni, ke sekolah, posyandu, Pustu, poskesdes. Hari ketiga lintas sektor. Ini melihat kerjasama yang terjalin antar lintas sektor yang terjalin, seperti Forum Pimpinan Kecamatan, unsur dinagari, pihak Kabupaten dan lainnya yang terkait.
Dimana, tahun ini sudah tiga kali dilakukan penilaian terhadap Puskesmas, yaitu, Bidar Alam, Talunan dan saat ini Pakan Rabaa. Untuk diketahui, saat ini di Solsel, telah ada 9 unit Puskesmas, dimana itu belum termasuk Puskesmas baru yang sedang dibangu di Sungai Kalu. Puskesmas ini tersebar di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten itu.
9 Puskesmas tersebut sudah terakreditasi semuanya dengan rincian, Terakreditas Madya, Puskemas Bidar Alam, Abai, Muara Labuh, Lubuk Gadang, dan Pakan Salasa. Terakreditasi Dasar yaitu, Puskesmas Mercu, Lubuk Ulang Aling, Pakan Rabaa, serta Talunan. (afr)

Exit mobile version