Andre: Kader Gerindra Jangan Takut Maju Pilkada

ADINEGORO, METRO  -Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra Andre Rosiade mengharapkan kader-kader terbaik Partai Gerindra harus berani bertarung di Pilkada serentak se-Sumbar 2020 mendatang. Apalagi, Gerindra banyak memenangi kursi DPRD di Kabupaten/Kota dan Provinsi Sumbar.
“Partai Gerindra memiliki kader-kader mumpuni di setiap Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada tahun depan. Bahkan, ada daerah yang Gerindra tak perlu berkoalisi untuk mengusung sepasang calon. Bahkan di Provinsi Sumbar Gerindra punya 14 dari 13 syarat kursi. Jadi jangan sampai tak ada kader yang maju,” kata Andre yang juga anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra ini, kemarin.
Andre mencontohkan, di Pesisir Selatan (Pessel) ada Rusma Yul Anwar yang sekarang menjadi Wakil Bupati. Sebagai ketua DPC, tentunya dia berpeluang menjadi calon Bupati atau Wakil Bupati Pessel. Andre berharap, Rusma serius dalam pencalonan sebagai kepala daerah.
“Apalagi di Pessel suara Pak Prabowo Subianto dan Bang Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi) sangat tinggi. Jadi sayang kalau Pak Rusma Yul Anwar tidak mencoba naik kelas. Begitu juga dengan kabupaten/kota yang lain. Kader-kader Gerindra berpeluang maju dan memenangkan alek lima tahunan ini,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.
Kalau di Solok Selatan (Solsel), sebut Andre, Muzni Zakaria tidak bisa maju lagi karena sudah dua periode. Gerindra bisa saja melirik Sekretaris DPC Gerindra Solsel Isyuliardi Maas yang cukup lama malang-melintang di dunia politik Solsel. Bahkan pernah menjadi ketua KPU Solsel.
“Di Pessel dan Solsel Gerindra mendapatkan 5 dan 4 kursi DPRD. Keduanya memang belum bisa maju sendiri, tapi harus berkoalisi dengan partai lain. Pessel kekurangan 4 kursi, sementara Solsel hanya butuh 1 kursi saja. Kami rasa, dua daerah ini masih berpotensi memunculkan kader Gerindra di Pilkada,” kata Andre yang juga anggota DPR RI terpilih ini.
Satu lagi daerah yang dipimpin kader Gerindra adalah Pasaman Barat (Pasbar), yaitu almarhum Bupati Pasbar Syahiran. Di sini kader Gerindra juga sudah dua periode dan harus memunculkan kader baru.
“Kami juga lihat suara Gerindra di Pasbar cukup signifikan. 7 kursi dari syarat pencalonan 8 kursi. Kita juga akan siapkan calon di Pasbar,” kata Andre
Beberapa daerah lain yang akan menggelar Pilkada juga dimenangkan oleh Gerindra seperti Kabupaten Agam, Tanahdatar, Sijunjung, Kabupaten Solok, Limapuluh Kota dan Kota Bukittinggi. “Di sana, hampir semuanya memiliki kader-kader yang layak memimpin Kota. Sekali lagi, jangan takut bagi kader Gerindra untuk maju Pilkada,” katanya.
Disinggung mengenai kesiapannya sendiri terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020, Andre mengaku siap saja. Sebagai kader, dia merasa harus memenuhi setiap perintah partai. “Gerindra Sumbar punya kader-kader terbaik, bahkan sekarang ada yang jadi Wakil Gubernur. Jadi, hampir dipastikan Gerindra akan amengusung calon sendiri sebagai Calon Gubernur,” kata Andre yang juga alumni SMAN 2 Padang ini. (r)

Exit mobile version