174 Mustahik Dapat Bantuan Zakat dari Baznas

PASAMAN, METRO – Badan Amil zakat Nasional (Baznas) Pasaman kembali menyalurkan zakat kepada 174 mustahik di Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Penyerahan bantuan baznas tersebut diserahkan di mesjid An-Nur Petok Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti Pasaman Jum’at (23).
Ke-174 orang mustahik yang telah dibantu tersebut yakni terdiri dari 23 orang bantuan pakir miskin, 29 orang untuk para orang tua jompo, 48 orang bantuan modal usaha, 64 orang bantuan beasiswa dan 10 orang orang bantuan berobat. Biaya keseluruhan yang dibantu terhadap ke 174 orang tersebut berjumlah sebanyak Rp. 72.200.000 rupiah.
Ketua Baznas Pasaman Syafrizal menerangkan bantuan baznas tersebut diberikan kepada para mustahik yang benar-benar membutuhkan di Nagari Panti Selatan Kecamatan Panti Pasaman.
Bantuan tersebut diserahkan atas permohonan masyarakat di Pasaman. Ke 174 orang yang telah dibantu kata Syafrizal, terlebih dahulu membuat permohonan bantuan ke baznas Pasaman bahkan sudah ada yang mengajukan permohonan mulai tahun 2017 lalu.
“Hari ini baru terealisasi mengingat dana terbatas. Karena menunggu giliran,” katanya.
Sebelumnya pihaknya juga telah menyerahkan bantuan beasiswa kepada 10 orang siswa di SMP 1 Panti yang telah membutuhkan. Pihaknya juga dalam waktu dekat akan mendirikan pondok Tahfiz di daerah itu dengan menggandeng para perantau dari Pasaman. Ia pun meminta dari dukungan seluruh pihak.
Dijelaskan Syafrizal ada lima program unggulan Baznas Pasaman yakni program Pasaman sejahtera dengan memberikan modal bantuan kepada fakir miskin atau jompo yakni dengan memberikan bantuan modal usaha. Program Pasaman sehat (bantuan berobat), program Pasaman cerdas (beasiswa) program Pasaman peduli (bedah rumah) program imtaq yakni bantuan kepada musafir, muallaf dan kepada para korban bencana alam.
Syafrizal menghimbau kepada para ASN, Pegawai BUMN, BUMD dan juga para perantau agar menyalurkan zakat hartanya melalui baznas Pasaman.(cr6)

Exit mobile version