Posyandu Sekunder 1 Wakili Pasbar ke Provinsi

Posyandu Sekunder 1 Terintegrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Bina Keluarga Balita (BKB) mewakili Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), dalam lomba Posyandu berprestasi tingkat Sumbar tahun 2019. Penilaian dilakukan langsung oleh tim penilai dari Provinsi Sumbar yang diketuai langsung Ketua TP. PKK Sumbar, Nevi Irwan Paryitno beserta segenap tim gabungan dari dinas dan instansi terkait dari provinsi di Jorong Ophir Nagari Koto Baru Kecamatan Luhak nan Duo, Kamis (22/8).
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pasbar, H Yulianto menyampaikan, pelayanan masyarakat berbasis Posyandu saat ini terus dikembangkan dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bersih. Hal itu terus dibina sehingga pada akhirnya menjadi sikap dan perilaku serta budaya masyarakat.
“Perilaku hidup sehat dan bersih terus kita upayakan dan lalukan pembinaan agar menjadi budaya bagi masyarakat,” kata Yulianto.
Disebutkan, peran masyarakat dalam memberikan pelayanan kesehatan semakin membuktikan hasilnya dari mulai pemeriksaan Ibu Hamil, Penimbangan Balita, pelayanan KB, penanganan gizi buruk, Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lanjut Usia, PAUD dan upaya-upaya kongkrit yang merupakan wujud kepedulian masyarakat yang tidak ternilai.
“Semua jenis kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha kesehatan yang berbasis masyarakat. Mudah-mudahan dapat mewujudkan peningkatan pembangunan di bidang kesehatan dan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan indek pembangunan manusia di Pasbar,” jelas Yulianto.
Diteruskannya, untuk mewujudkan perihal yang dijelaskan di atas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar telah melakukan berbagai upaya antara lain: mendorong nagari untuk meningkatkan Anggaran Dana Nagari (ADN) untuk Posyandu baik berupa honorarium kader maupun biaya operasional Posyandu.
Pemkab Pasbar juga mendorong pemerintah nagari untuk melengkapi sarana dan prasarana Posyandu, mendorong sinergitas antara semua stakeholder untuk mensosialisasikan seluruh program Posyandu, membangun aplikasi SIPON DPMN yang berguna untuk memantau pelaksanaan Posyandu dan melaksanakan penilaian Posyandu berprestasi tingkat Kabupaten Pasbar.
“Dari penilaian yang dilakukan oleh DPMN beberapa waktu lalu, kita melihat Posyandu Sekunder 1 Jorong Ophir merupakan Posyandu terbaik tingkat Pasbar. Kita berharap juga Posyandu Sekunder 1 dapat berkiorah di tingkat provinsi dan nasional nantinya,” ungkap Yulianto.
Sementara Ketua Tim Penilai Posyandu berprestasi Sumbar, Nevi Irwan Prayitno menilai bahwa kader Posyandu Sekunder 1 layak masuk nominasi tingkat Sumbar.
“Kita melihat Kader Posyandu Sekunder 1 layak masuk nominasi kader berprestasi tingkat Sumbar. Oleh sebab itu kita hari ini turun untuk melihat secara langsung kondisi pelayanan Posyandu secara langsung,” tutur Nevi.
Penilaian Kader Posyandu berprestasi tingkat Sumbar diakhiri dengan peninjauan dan penilaian Posyandu Sekunder 1 oleh tim penilai.
Turur hadir, Ketua DPRD Pasbar, Erianto, Ketua TP. PKK Pasbar, Yunisra Syahiran, Wakil Ketua TP. PKK Pasbar, Sifrowati Yulianto, Kepala DPMN Pasbar, Etris Dsem, Wali Nagari Koto Baru dan masyarakat setempat. (end)

Exit mobile version