30 Anggota DPRD Sijunjung Dilantik, Untaian Harapan Masyarakat Menanti

Parlemen Sijunjung resmi memulai babak baru setelah terlaksananya rapat paripurna istimewa pengambilan sumpah/ janji sebagai anggota DPRD Sijunjung. Sebanyak 30 orang anggota DPRD yang dilantik itu merupakan wakil rakyat yang telah diberikan amanah oleh masyarakat Kabupaten Sijunjung pada pesta demokrasi pemilu legislatif pada April 2019 lalu.
Harapan dan doa pun dituturkan demi sebuah perubahan pembangunan yang lebih baik serta, untuk memperjuangkan suara rakyat di legislatif.
Pelantikan yang digelar pada Selasa (13/8), itu pun dihadiri oleh seluruh elemen dan masyarakat di Ranah Lansek Manih, bertempat di Gedung DPRD Sijunjung, Kandang Baru.
Pengambilan sumpah/ janji sebagai anggota DPRD dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Sijunjung, Noeristya Soeryati, SH. MH. Dibawah kitab Suci Alqur’an. Kepada 30 orang dewan itulah harapan masyarakat dititipkan selama lima tahun kedepan, periode 2019-2024.
Pelantikan Wakil Rakyat itu dilaksanakan berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat dengan nomor: 171-605-2019 tentang peresmian pemberhentian dan pengangkatan anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Sijunjung. Yang mana sebelumnya nama calon terpilih dan perolehan suara pada Pemilu legislatif April lalu, telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung. Sekaligus menandakan bahwa pesta demokrasi telah usai dan terlaksana dengan baik.
Sumpah sudah diucapkan, janji sudah dibuat dihadapan masyarakat banyak. Dibalik jabatan yang diamanahkan, untaian harapan masyarakat pun menanti. Tidak ada lagi kubu maupun kelompok politik. Melainkan sebuah tujuan bersama untuk mewujudkan kesejahteraan pembangunan daerah dibalik ketukan palu dewan yang terhormat.
Pada sidang paripurna istimewa yang dipimpin oleh Yusnidarti selaku ketua DPRD yang lama, dan selanjutnya palu dewan pun diserahkan pada Ketua DPRD yang baru, Rusdi Antoni sebagai penanggung jawab sementara (pjs), disaksikan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Wakil Bupati, Arrival Boy, Unsur Forkompinda, Ketua LKAAM, Bundokanduang, serta Pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) selingkungan Pemkab Sijunjung dan tokoh masyarakat.
“Alhamdulilah selesai sudah rangkaian pesta demokrasi Pileg 2019 di Kabupaten Sijunjung, hari ini 30 orang Anggota DPRD resmi dilantik,” tukas Sekretaris DPRD (Sekwan) Sijunjung, Irwandi.
30 orang Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung yang diambil sumpahnya, 14 orang merupakan wajah lama, sisanya 16 orang dihiasi wajah baru.
Mereka antara lain dari dapil 1 berjumlah 10 orang diantaranya, Desriwan, (PKB), Delfirman (Gerindra), Yusnidarti (Golkar), Efrinedi Nagkodo (Nasdem), Sofyan Hendri (PKS), Sasmi Ultriadi (Perindo), April Marsal dan Brista Yozi (PPP), Aroni Basri (PAN), Bakri (Demokrat).
Untuk dapil II berjumlah 8 orang yakni, Amlasta Boy (PKB), Rusdi Antoni (Gerindra), Givo Alindo(PDI – P), Elva Endayani (Golkar), Amrizal (Nasdem), Antonio Oksa Mursil (PKS), Zalmiati (PAN), Walbardi (Demokrat).
Sedangkan dari Dapil III berjumlah 12 orang yakni, Emelda Wiguna (PKB), Bambang Surya Irwan (Gerindra), Indrawadi (Gerindra), Dasep (PDIP), Sarikal (Golkar), Sukardi (Nasdem), Hendri Susanto (PKS), Hendranadi (Perindo), Mukhlis, SHI (PPP), Aprisal Putra Bungsu (PAN), Sabirin (Demokrat), Syafrul Khatib (PBB).
Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung (Pjs), Rusdi Antoni, mengucapkan terimakasih pada seluruh masyarakat atas amanah yang telah diberikan. Kedepannya ia berjanji akan senantiasa mengemban tugas sesuai tanggungjawab, serta memperjuangkan segala bentuk aspirasi masyarakat dengan baik.
Secara kelembagaan pihaknya juga menekankan diperlukan sinegisitas pihak Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Unsur Forkompinda, Ninik Mamak, Bundokanduang, Ormas, OKP yang ada demi percepatan pembangunan dan kemajuan daerah.
“Tidak cukup hanya kami saja, namun kita secara bersama harus saling membantu, saling mengingatkan, hingga daerah ini dapat terus maju dan berkembang sesuai harapan kita bersama,” tutur Ketua DPRD Sijunjung yang baru dilantik. (ndo)

Exit mobile version