30 Anggota DPRD Dharmasraya Dilantik, 24 Orang Diisi Wajah Baru

Sebanyak 30 orang anggota DPRD terpilih Kabupaten Dharmasraya tampak hadir dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Dharmasraya dalam rangka pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya masa bakti 2019-2024 yang berlangsung, Rabu (14/8) di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Dharmasraya.
Rapat Paripurna DPRD Dharmasraya yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut ditandai dengan sambutan Tari Galombang saat rombongan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H. Amrizal Dt Rajo Medan, Ketua DPRD Dharmasraya, Masrul Maas, Wakil Ketua I DPRD, ST Budi Sanjaya, Wakil Ketua II DPRD, Ampera Dt Labuan, Kapolres Dharmasraya, AKBP Imran Amir, Dandim 0310/SSD, Letkol Inf Dwi Putranto, Kajari, M Hadi Wahyudi, Ketua PN Pulau Punjung Dessy Darmayanti dan Ketua PA Pulau Punjung, Azizah Ali memasuki ruang sidang utama.
Pelaksanaan sumpah dan janji dipandu oleh Ketua PN Pulau Punjung, Dessy Darmayanti. Dalam pengucapan sumpah dan janji, para anggota dewan terpilih tersebut didampingi rohaniawan Islam yakni, Sarwono. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh dua orang perwakilan anggota dewan yakni, Ir H Adi Gunawan asal partai Golkar dan Defrino Anwar asal PDI Perjuangan.
Pengucapan sumpah turut disaksikan para pejabat daerah, keluarga dan tokoh tokoh masyarakat, 30 anggota DPRD baru mengucapkan sumpah di antara mereka yang mengucapkan sumpah adalah Ir. H. Adi Gunawan, mantan Bupati Dharmasraya bersama lima orang anggota DPRD lama yang kemudan terpilih kembali. Seluruh anggota DPRD masa bakti 2019-2024, siap memberikan yang terbaik memperjuangkan aspirasi masyarakat.
Rasa haru warnai prosesi sumpah anggota wakil rakyat. Hal ini terlihat saat pelukan erat Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan H. Masrul Maas, mantan Ketua DPRD serta St. Budi Sanjoyo, mantan Wakil Ketua DPRD di hadapan ribuan tamu undangan yang hadir. Sontak saja mengundang rasa haru. Betapa tidak, hampir tiga tahun bersama, dua sosok bapak rakyat itu pamit hendak meninggalkan kursi kebesaran tempatnya memimpin sidang selama ini. Mereka sudah seperti bersaudara, sehingga saat mitra hendak mengakhiri masa pengabdian, terasa benar keharuan dalam hatinya.
Sementara itu, Sekretaris Dewan, Nasution membacakan nama Ketua DPRD Sementara yang dijabat oleh Defrino Anwar dan Wakil Ketua, Ir. Adi Gunawan. Pasca pembacaan pimpinan sementara DPRD Dharmasraya, dilanjutkan dengan serah terima jabatan dan Defrino Anwar langsung mengambil alih kursi pimpinan dan melanjjutkan sidang. Dalam proses pengambilan sumpah dan janji DPRD Dharmasraya, masa jabatan 2019-2024 ini, juga ditetapkan pimpinan DPRD sementara yakni, Ir.H. Adi Gunawan dan Defrino Anwar.
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat, menyampaikan, diharapkan anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 dapat memenuhi janji untuk kemajuan Dharmasraya lima tahun kedepan, bekerja siang dan malam. Peran DPRD sebagai legislatif dengan tugas legislasi anggaran dan pengawasan yang dijalankan dan memegang peranan yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah.
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Dharmasraya kali ini merupakan tahapan terakhir pemilu 17 April lalu, sekaligus sebagai titik awal yang baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Pemilu 17 April 2019 sambung bupati, mencerminkan betapa besarnya harapan seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan hak pilih mereka dalam menentukan wakil rakyat pada lembaga perwakilan guna membawa daerah ini kearah yang lebih baik.
‘Kini saatnya saudara-saudara anggota DPRD Kabupaten Dharmasraya masa jabatan tahun 2019-2024. Melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji saudara, untuk mencapai kesejahteraan rakyat kabupaten Dharmasraya, saatnya berjanji, berkerja siang dan malam untuk mencapai kesejahteraan rakyat Kabupaten Dharmasraya,” ujar Bupati
‘Kami mengucapkan selamat atas telah diresmikan seluruh anggota DPRD Dharmasraya masa jabatan 2019-2024, laksanakanlah amanat yang telah dipercayakan masyarakat Kabupaten Dharmasraya dengan sebaik-baiknya, lanjutkan program-program pembanguan yang telah direncanakan sebelumnya serta ciptakan inovasi-inovasi baru yang mempercepat pembangunan dikabupaten Dharmasraya ini. Kepada anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 kami ucapkan terima kasih atas pengabdian dan bhakti yang saudara berikan untuk kabupaten Dharmasraya, semoga apa yang telah dibaktikan selama menjabat menjadi amal ibadah dan mendapatkan balasan oleh-nya
Sebanyak 30 anggota DPRD terpilih kabupaten mekar ini dilantik dan disumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Pulau Punjung, Dessy Darmayanti, SH, MH, sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Nomor:171-584-2019, tentang pelantikan anggota Dewan terpilih periode 2019-3024 yang terdiri dari Partai PDI-P sebanyak 7 Kursi, Golkar 5 Kursi, dan PAN 4 Kursi. Gerindra 3 Kursi, Nasdem 3 Kursi, PKS 2 Kursi, Demokrat 2, Bekarya 2, PKB 1, Hanura 1. Yang mana sebelumnya nama calon terpilih dan perolehan suara pada Pemilu legislatif April lalu, telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dharmasraya.
Berikut nama-nama anggota DPRD yang baru dilantik Rogil Aliyas Chan, Pariyanto, Sutan Alif, Dalpelwan, Ari Wibowo, Syafrinirwan, dan Defrino Anwar (PDIP). Dari Golkar Sesmi Arli, Adi Gunawan, Pariyanto, Amrizal, dan Ferryko Effendi. Dari PAN Ade Sudarman, Yulindo, Benny Ridwan, dan Raden Awaludin.
Nasdem Ampera Dt Labuan Basa, Cecep Nurjaman, Saparman. Gerindra Rosandi Sanjaya Putra, Aandri Saputra, Alisa Septiani. Dan PKS Irmon dan Suparman. Berkarya Zulhendri dan Iskandar. Demokrat Mawarman dan Salmam, dan Hanura Ardison serta PKB Bobby Ade Saputra
Dari sebanyak 30 orang anggota DPRD yang dilantik dan diambil sumpahnya, 24 orang di antaranya merupakan wajah baru. Meskipun gedung DPRD Dharmasraya dihadiri banyak orang. Bahkan, undangan yang hadir pun harus berdesakan saat menyaksikan sidang paripurna istimewa tersebut. Namun, terlihat sejumlah kursi didalam ruangan sidang dalam keadaan kosong. Ternyata kursi kosong tersebut dikarenakan anggota DPRD yang lama yang tidak terpilih kembali, banyak yang tidak menghadiri undangan.
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) meminta kader partai yang baru dilantik mampu memberikan warna dalam proses pembangunan daerah itu ke depan. “Nasdem memastikan akan mengawal semua program pemerintah yang berpihak kepada masyarakat,” kata Ketua DPD Nasdem Dharmasraya, Henky Purnanda kepada POSMETRO di Pulau Punjung.
Tiga kader Nasdem yang dilantikdan diambil sumpah menjadi Anggota DPRD Dharmasraya Periode 2019-2024, yakni Ampera Labuan Basa, Cecep Sudarman, dan Saparaman. DPD Dharmasraya meminta Fraksi Nasdem selalu bersama dan membela kepentingan masyarakat melalui tiga fungsi dewan, yakni legislasi, badgeting, dan kontroling, kata dia. Anggota DPRD Nasdem baru dilantik, Ampera Labuan Basa menambahkan siap bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pembangunan daerah ke depan. (g)

Exit mobile version