Kabupaten Layak Anak, Menteri Yohana Yembise Serahkan Penghargaan kepada Bupati

PADANGPARIAMAN, METRO – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise menyerahkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang diterima langsung oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. Penghargaan diberikan bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa kemarin.
“Alhamdulillah, prestasi tingkat nasional kembali kita raih. Ini tentu berkat kerja keras dan kerja sama seluruh pihak. Penghargaan ini kita persembahkan untuk masyarakat Padangpariaman,” kata Ali Mukhni didampingi Kepala Bidang Perlindungan Anak Arosi Febri Yenti, kemarin.
Ke depan, orang nomor satu di Padangpariaman berkomitmen meningkatkan pemenuhan hak anak di segala bidang. Seperti ruang bermain ramah anak, puskesmas ramah anak, kecamatan dan nagari ramah anak. Kemudian juga melibatkan forum anak dalam kegiatan pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, kebencanaan dan lainnya.
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni apresiasi kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah, Forkopimda, Instansi Vertikal, Perangkat Kecamatan, Forum Anak, Nagari, Media, LSM, Dunia Usaha dan lainnya yang berkomitmen mendukung Kabupaten Layak Anak (KLA).
“Pemerintah Daerah bersama DPRD berkomitmen mewujudkan KLA dan mendukung keberadaan Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor,” kata Bupati yang digadang menjadi Gubernur Sumbar itu.
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Padangpariaman Hendra Aswara mengatakan bahwa pencapaian penghargaan KLA tahun ini atas dukungan dari seluruh stakeholders dan masyarakat. Bahkan Pemerintah nagari telah fokus dalam pemenuhan hak anak dan melibatkan forum anak dalam pembangunan dan sosial kemasyarakatan.
Dijelaskannya bahwa penilaian terhadap Lima Kluster untuk memenuhi kebutuhan hak anak. Yaitu kluster Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan Dasar dan Perlindungan Khusus.
“Tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memuji komitmen Bapak Bupati sehingga meraih KLA,” tambahnya. (efa)

Exit mobile version