Tumbuhkan Kreasi Madrasah melalui Kompetisi KSM

TANAHDATAR, METRO – Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Tanah Datar Tahun 2019, di Komplek MAN1 Tanah Datar Kecamatan Sungayang, Sabtu (20/7).
Ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dengan Tema “Integrasi Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat”, tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kemenag Kabupaten Tanah Datar diwakili Kasi Penmad H. Yusmarli di Komplek MAN. 1 Tanah Datar, Sungayang, Sabtu pagi (20/7).
Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) itu dihadiri Kepala Madrasah, para Pengawas dan guru Madrasah tingkat MI, MTs dan MA se Kabupaten Tanah Datar.
Dalam pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tersebut juga digelar Lomba Kepala, Guru dan Pengawas Madrasah se Kabupaten Tanah Datar.
Menurut laporan Ketua Komite KSM Tingkat Kabupaten Tanah Datar H. Maswardi yang juga Kepala MAN 1 Tanah Datar itu mengatakan ajang kompetisi tersebut diikuti sebanyak 471 orang peserta yang merupakan utusan masing-masing madrasah se Kabupaten Tanah Datar.
Tujuan diselenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tanah Datar tersebut adalah dalam rangka menumbuhkan semangat siswa Madrasah untuk mampu berkreasi dalam meningkatkan sains Madrasah.
Ka Kankemenag Kabupaten Tanah Datar diwakili Kasi Penmad H. Yusmali dalam arahannya mengatakan ajang kompetisi sainS madrasah itu merupakan agenda Kementerian Agama yang digelar mulai dari tingkat Nasional sampai ke tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota.
Siswa-siswa madrasah yuang mengikuti KSM itumerupakan siswa pilihan dari masing-masing madrasahnya untuk siap bertarung dalam pelaksanaan KSM tersebut . Diharapkan siswa-siswa marasah mampu berkompetisi dengan akal yang sehat, disiplin dan transparan .
Dalam kesempatan tersebut Ka kankemenag meminta kepada para siswa peserta KSM untuk dapat mengeluarkan semua potensi Sains yang ada pada siswa sehingga mampu mewakili Tanah Datar ke tingkat Sumbar dan Nasional. (ant)

Exit mobile version