Pembangunan di Bidang Pangan, Pessel Programkan Pangan Nagari Mandiri

PESSEL, METRO0 – Tugas berat bagi Pemkab Pesisir Selatan, khususnya bagi Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni selaku kepala daerah dalam memaparkan pembangunan di bidang pangan ada di wilayahnya, di hadapan Tim Adi Karya Pangan Nusantara tingkat Sumbar di ruang rapat bupati Pessel, Jumat (19/7).
Hadir dalam mendampingi bupati saat itu, Asisten II, Kadis Tanaman Pangan, Alvis Basir, serta sejumlah perangkat daerahnya. Menurut Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menegaskan, komitmen Pemkab Pessel, melalui kebijakan pembangunan di bidang pangan. Dua jenis program unggulan di bidang pangan, diantaranya kawasan pangan mandiri dan nagari mandiri pangan.
Jelas Hendrajoni, kawasan mandiri pangan terdapat di Kecamatan Air Pura yang terdiri dari lima nagari yaitu Inderapura Utara, Nagari Ilalang Panjang, Nagari lubuk Betung, Nagari Teluk Kualo, dan Nagari Damar Lapan Batang.
Sedangkan nagari mandiri pangan Pessel memiliki lima nagari, yaitu Nagari Taratak Surantih Kecamatan Sutera, Nagari Sungai Tunu Utara Kecamatan Ranah Pesisir, Nagari Kambang Utara Kecamatan Lengayang, Nagari Inderapura Kecamatan Pancung Soal dan Limau Gadang Kecamatan IV Jurai
“Saat ini di Kabupaten Pessel telah memiliki kurang lebih 30 lumbung padi, ini salah satu bentuk komitmen Pemkab Pessel dalam menjamin ketersedian pangan di wilayahnya,” kata Bupati.
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, dinilai Tim Adi Karya Pangan Nusantara tingkat Sumbar tahun 2019, Jumat (19/7). Tim penilai yang dipimpin langsung Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Effendi MP di ruang rapat bupati setempat.
Kadis Pangan Sumbar Effendi mengemukakan, Bupati Pessel merupakan salah satu bupati sebagai nominasi penerima penghargaan Adi Karya Pangan Nusantara bersama empat bupati/wali kota di Sumbar.
Disebutkan Effendi, keempat bupati dan wali kota yang menjadi dominasi penerima Adi Karya Pangan Nusantara tersebut adalah Bupati Tanah Datar, Bupati 50 Kota dan Wali Kota Bukit Tinggi.
Pemenang utama, lanjutnya, akan diusulkan sebagai penerima Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Pekan Nasional Tani tahun yang akan dilaksanakan tanggal 20 sampai 25 Juni th 2020 di Padang. Dalam paparannya di hadapan tim penilai Bupati Hendrajoni, mengemukakan komitmen dan kebijakan pembangunan di bidang pangan.
Menurut bupati, Pemkab Pessel mempunyai dua jenis program unggulan di bidang pangan, diantaranya kawasan pangan mandiri dan nagari mandiri pangan. Kawasan mandiri pangan terdapat di Kecamatan Air Pura yang terdiri dari lima nagari yaitu Inderapura Utara, Nagari Ilalang Panjang, Nagari lubuk Betung, Nagari Teluk Kualo, dan Nagari Damar Lapan Batang.
Sedangkan nagari mandiri pangan Pessel memiliki lima nagari, yaitu Nagari Taratak Surantih Kec.Sutera, Nagari Sungai Tunu Utara Kec.Ranah Pesisir, Nagari Kambang Utara Kec.Lengayang, Nagari Inderapura Kec.Pancung Soal dan Limau Gadang Kecamatan IV Jurai.
Tim penilai calon Adi Karya Pangan Nusantara teridiri dari unsur Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Sumbar dan Ketua Kontak Tani Nelayan (KTNA) Sumbar. Hadir dalam mendampingi bupati saat itu, Asisten II, Kadis Tanaman Pangan, Alvis Basir, serta sejumlah kepala dinas. (rio)

Exit mobile version