Rektor IAIN Batusangkar Lepas Pionir ke UIN Malang

TANAHDATAR, METRO  -Rektor IAIN Batusangkar lepas kontingen Pionir ke IX di UIN Malang Batusangkar, Rektor IAIN Batusangkar Dr H Kasmuri MA lepas kontingen pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (Pionir) ke IX Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) se-Indonesia di halaman Rektorat IAIN Batusangkar, Jumat (12/07).
Pelepasan dihadiri Wakil Rektor III, Ka. Biro AUAK, Dekan Panitia, Pendamping dan Peserta Pionir sebanyak 30 orang mahasiswa, Pelepasan secara simbolis Rektor IAIN Batusangkar ditandai dengan peyerahan bendera IAIN Batusangkar kepada Ketua Kontingen Yarman, M Ag yang akan mengikuti kompetisi Pionir dari tanggal 15-21 Juli 2019 di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kasmuri mengatakan kegiatan Pionir merupakan ajang kompetisi keilmuan, olahraga, seni, dan riset tingkat nasional bagi mahasiswa PTKIN yang diselenggarakan 2 tahun sekali. Kegiatan ini untuk mencari mahasiswa unggul, baik dalam prestasi akademik maupun keolahragaan dan seni.
“Kita tidak menargetkan berapa banyak medali yang harus di bawa pulang, yang terpenting anda memberikan yang terbaik dalam setiap lomba disertai dengan do’a semoga diberikan kemudahan dalam menghadapi pertandingan. Insya Allah kita akan meraih kemenangan,” ujar Rektor.
Sementara, Ketua Panitia Inong Satridi meyampaikan, kegiatan yang diperlombakan dan dipertandingkan pada PIONIR IX itu bidang ilmiah, olahraga, seni, dan riset. Untuk bidang ilmiah meliputi debat bahasa Arab, debat bahasa Inggris, musabaqah makalah Qur’ani (MMQ) dan musabaqah qiraatul kutub (MQK). Cabang olahraga, lanjutnya, meliputi futsal, bola voli, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, takraw, pencak silat, basket, dan karate.
“Bidang seni meliputi musabaqah tilawatil Quran (MTQ), musabaqah hifdzil Quran (MHQ), musabaqah syarhil Quran (MSQ), kaligrafi, pop solo islami, desain dan peragaan busana muslim, puitisasi Alquran, dan marawis. Bidang riset meliputi karya tulis dan karya inovatif mahasiswa,” terangnya.
Sementara, Wakil Rektor III Dr. H. Rizal, M.Ag mengatakan kontingen IAIN Batusangkar pada Pionir di UIN Malang ini hanya mengikuti 21 cabang dari 38 cabang yang diporlombakan pada even nasional tersebut.
Sementara itu ada yang patut kita banggakan dari 21 cabang yang akan kita ikuti, ada 4 cabang yang telah lolos seleksi penilaian di even nasional tersebut, yakni Cabang Karya Inovatif, Inovasi Media Pembelajaran, Karya Tulis Ilmiah Sains dan Teknologi dan Cabang Disain dan Peragaan Busana Islami.sambung Rizal
“Semoga dengan Bismillahirrahmanirrahim, memaksimalkan usaha dan ikhtiar, memperbanyak do’a dengan sentuhan tawakal ilallah, melaksanakan dengan sepenuh jiwa dan raga demi kejayaan IAIN Batusangkar yangg kita cintai. Hasil kita serah kepada Allah. Insya Allah hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Mohon do’a dan dukungannya mudah2an bisa mengharumkan lembaga tercinta IAIN Batusangkar,” tutup Rizal. (ant)

Exit mobile version