Semarak MTQ Salimpaung Dihadiri Ribuan Warga

TANAHDATAR, METRO – Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma dibuka resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-3 Tingkat Kecamatan Salimpaung yang dipusatkan di lapangan Hijau Tembok Bagaluang nagari Sumanik Jumat lalu. Pembukaan MTQ tersebut cukup semarak,ribuan masyarakat ikut hadir menyaksikan prosesi pembukaan yang diawali dengan pawai ta’aruf dimeriahkan penampilan tari masal.
Wakil Bupati Tanahdatar Zuldafri Darma memgapresiasi kepada panitia dan masyarakat Salimpaung khusus Nagari Sumanik. “Pembukaan yang meriah, tertata dengan baik dan antusias masyarakat yang mendukung acara keagamaan,” kata Zuldafri.
Melalui ajang MTQ antar nagari juga memperkokoh jembatan silaturahim antar masyarakat sesama Kecamatan Salimpaung. “Dengan dilaksanakannya MTQ ke-3 di Nagari Sumanik, masyarakat dari 5 nagari lainnya di Kecamatan Salimpaung akan dikunjungi dan akan langsung terjalin silaturahim,” harap wabup.
Di kesempatan itu wabup Zuldafri sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang bekerja keras mempersiapkan kafilah Tanah Datar untuk tampil maksimal di ajang MTQ Nasional ke-38 Tingkat Provinsi di Kota Solok.
“Alhamdulillah, sejarah besar diraih Tanahdatar bisa menjadi juara umum, untuk itu pemerintah daerah terima kasih kepada kafilah yang tampil luar bisa dengan semua pihak di balik kesuksesan ini,” kata wabup.
Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanahdatar yang diwakili Kasi Binmas Helmi Zuldi berharap melalui MTQ merupakan salah satu upaya untuk membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat.
“MTQ juga mencoba sebagai bahan evaluasi pembelajaran Al Quran di tengah-tengah masyarakat dalam upaya mendorong pendalaman pengajaran agama untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari atau dengan makna kata membumikan Alquran di tengah-tengah masyarakat,” ungkapnya.
Helmi juga menghargai Pemerintah Daerah Tanahdatar yang melakukan pembinaan rutin di bidang keagamaan khusus untuk penyelenggaraan MTQ selalu dianggarkan dan rutin dilaksanakan. “Pihak kabupaten serius mempersiapkan diri untuk awal, membuat momentum MTQ tingkat kecamatan menjadi penting untuk mendapatkan kafilah yang benar-benar unggul, sebagai bukti pada ajang MTQ Nasional Sumbar ke 38 di Kota Solok dapatkan pemenang umum,” ungkapnya.
Ketua Umum Panitia Camat Salimpaung Liza Martini dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumanik yang mendukung keberhasilan sebagai tuan rumah.
“Untuk kegiatan ini, kami ikut serta melalui APB Nagari dan berkontribusi anak nagari dan perantau serta bantuan masyarakat luas,” terangnya.
Dilaporkan, MTQ dilaksanakan tanggal 12 hingga 4 Juli 2019 di 3 masjid, 7 mushalla dan 3 sekolah, dengan 11 pemondokan yang didistribusikan di 5 jorong di Nagari Sumanik dengan peserta 194 orang dari 6 nagari dan bertambahombakan 7 cabang yaitu tilawah, tartil, tahfiz qur’an, fahmil qur’an, syarhil qur’an, khatil qur’an, khutbah Jum’at dengan 36 cabang pembantu.
Pembukaan yang ditandai dengan pemukulan gendang oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma didampingi Staf Ahli Bupati dr. Ermon Revlin, Camat Salimpaung Liza Martini berserta Forkopinca. Turut hadir Walinagari, Ketua BPRN dan Ketua KAN se-Kecamatan Salimpaung, Tokoh Masyarakat lokal. (ant)

Exit mobile version