Reydonnyzar Moenek Apresiasi Pembanguan di Tanahdatar

TANAHDATAR, METRO – Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Reydonnyzar Moenek puji dan apresiasi Pemkab Tanahdatar yang berhasil dalam pembangunan daerah, sehingga mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 dari Presiden RI Joko Widodo, terbaik I dari 415 kabupaten di Indonesia.
Hal itu diungkapkan Reydonnyzar Moenek ketika mengunjungi stand Pemkab Tanahdatar pada ajang Apkasi Otonomi Expo Tahun 2019, Rabu lalu, di Hall A Jakarta Convention Center. Menurutnya Pemerintah Kabupaten Tanahdatar patut dijadikan lesson lord atau pembelajaran kolaboratif dan berkelanjutan tentang kewenangan kepemimpinan bagi daerah lain di Indonesia.
Reydonnyzar akrab disapa Donny Moenek mengatakan, ini bisa dijadikan pembelajaran bagi setiap kepala daerah yang berkomitmen, bagaimana memberikan yang terbaik bagi pembangunan di daerah.
“Seperti halnya di Tanahdatar, saat ini saya melihat langsung bagaimana potensi-potensi daerah yang dipamerkan dan dipromosikan pada ajang Apkasi Otonomi Expo ini, saya juga melihat bagaimana Tanah Datar dibangun dengan berbagai kemitraan baik itu Kepala Daerah dengan DPRD maupun seluruh elemen masyarakat,” ucapnya.
“Juga kita lihat bukti kongkrit bagaimana sentuhan-sentuhan kepala daerah dengan semangat membangunnya, bagaimana desentralisasi dan otonomi yang diberikan kepada daerah begitu juga sumber pembiayaan dan kewenangan maupun kelembagaan, sehingga semakin bergairahnya daerah untuk membangun, mensejahterakan masyarakat, memperbaiki pelayanan publik dari itu DPD sangat mengapresiasi, seperti capaian dari Kabupaten Tanahdatar ini yang diberi penghargaan oleh Presiden,” tambah Donny yang pernah diamanahkan sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Barat.
Ia berharap setiap kepala daerah dapat berlomba-lomba memberikan pelayanan yang terbaik bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, sehingga otonomi yang diberikan pemerintah pusat itu dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembangunan nasional.
Saat itu meninjau stand, Donny ungkapkan kekaguman produk dan kerajinan Tanah Datar Luak Nan Tuo seperti tenun songket, batik tanah liek, dakak-dakak, kawa daun, rendang ikan bilih, ikan bilih goreng dan potensi daerah yang turut dipajang di booth seperti hasil pangan, perkebunan, energi terbarukan dan beberapa produk lainnya tersebut. (ant)

Exit mobile version