Nagari Batu Taba akan Miliki Huller

TANAHDATAR, METRO – Setelah berupaya dan berusaha cukup lama, akhirnya Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan, akan miliki sarana penggilingan padi (Huller) yang dikelola Kelompok Tani (Keltan) Karya Muda Jorong Baringin atas bantuan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.
Peletakan batu pertama pembangunan hulller, gudang dan lantai jemur dilakukan Bupati Tanahdatar diwakili Kadis Pangan dan Perikanan Daryanto Sabir, Kamis (4/7) di Jorong Baringin Nagari Batutaba.
Kadis Daryanto Sabir menyampaikan permohonan maaf Bupati karena tidak bisa hadir secara langsung, karena ada kegiatan lain yang harus dihadiri.
“Bantuan ini sebagai bentuk wujud nyata perhatian pemerintah daerah, walaupun dari tahun 2010 lalu mengusulkan, namun baru tahun ini baru bisa terealisasi pembangunan huller ini,” sampainya.
Daryanto berharap masyarakat Batu Taba memelihara dan menjaga aset agar termanfaatkan dengan baik. “Bantuan kita salurkan melihat skala prioritas dan kebutuhan, bukan keinginan. Jadi Nagari Batu Taba ini karena belum memiliki huller makanya kita berikan bantuan Rp.500 juta dengan pembangunan swakelola manfaat potensi nagari, seperti tukang dan bahan bangunan yang ada di nagari,” tambahnya.
Dengan bantuan ini, tambah Daryanto Sabir, semoga ke depan petani Batu Taba tidak lagi menggilingkan padinya ke nagari lain karena ditargetkan tiga bulan lagi pembangunannya akan tuntas dan dapat dimanfaatkan.
“Secara nasional produksi beras kita sebesar 32,4 juta ton, kebutuhan 29,57 ton dan surplus 2,85 ton beras pada 2018, Tanah Datar telah mencapai swasembada pangan ini dan agar ketahanan pangan lebih kuat lagi, gizi masyarakat juga kita penuhi dengan pola B2SA yaitu pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman,” tukasnya.
Wali Nagari Batu Taba Desrianto mengungkapkan, Kelompok Tani (Keltan) Karya Muda beranggotakan 32 orang petani itu telah berdiri sejak delapan tahun silam dan mengajukan permohonan penggilingan padi hasil sawah seluas 108 hektare.
“Para petani selama ini melakukan penggilingan padinya ke Nagari Tanjung Barulak dan ke Bungo Tanjuang, Alhamdulillah kita dapat berkah pembangunan huller, lantai jemur serta lumbung pangan saat ini. Terima kasih Pak Bupati serta seluruh jajaran di Pemda Tanah Datar yang telah mewujudkan keinginan kami sejak delapan tahun lalu ini, Insya Allah akan kami rawat dan jaga serta manfaatkan sebaik-baiknya,” pungkas Desrianto. (ant)

Exit mobile version