Posyantek Tepat Guna Mansiro Disigi Provinsi

TANAHDATAR, METRO – Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Tepat Guna Mansiro Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan dinilai tim penilai Provinsi Sumbar, Kamis (27/6). Ketua Posyantek Mansiro Musrianto Dt Majo Datuk menyampaikan Posyantek ini dibentuk pada tahun 2017 melalui SK Walinagari Guguak Malalo.
Nama Mansiro sampai Dt Majo Datuk merupakan nama bukit yang punya potensi di bidang pertanian dan wisata namun belum digarap secara maksimal. Kata Dt Majo Datuk, tujuan dibentuk Posyantek adalah untuk menjembatani masyarakat pengguna Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan sumber TTG, sebagai tempat konsultasi layanan serta pendampingan kepada masyarakat.
Posyantek Mansiro sampai saat ini sudah produksi 60 unit alat di antaranya 5 unit pembersih gulma, 3 unit pengiris umbi, 2 unit spiner dan 50 unit pembersih hama.
“Saat ini juga ada pesanan dalam proses pengerjaan yaitu pengiris bawang 7 unit, spiner 2 unit dan pembersih gulma 5 unit,” ucap Dt Majo Datuk.
M. Dt Majo Datuk menerangkan produk yang diciptakan menggunakan teknologi sederhana sehingga mudah digunakan masyarakat sesuai kebutuhannya untuk meningkatkan produktifitas usaha.
Selain itu, Posyantek yang dipimpinnya sudah bekerjasama dengan bengkel Cahaya Baru, Keltan Kandang Gajah dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Batipuh Selatan.
“Bersama BPP Kecamatan, kita sosialisasikan produk kepada petani untuk membantu peningkatan produksi pertanian. Ke depan harapan kami adalah fasilitasi hak cipta dan bisa bekerjasama dengan Kemen Ristek dan Pendidikan Tinggi untuk pengembangan lebih lanjut,” urainya.
Baru-baru prestasi sudah diraih ungkapnya, salah seorang inovator Posyantek Mansiro Suhainis menjadi juara pertama inovasi TTG tingkat Provinsi dengan produk alat pengiris ubi. (ant)

Exit mobile version