Kondim bersama Bulog Buat Demplot Pertanian

PDG.PARIAMAN, METRO – Mewujudkan program swasembada pangan (Swapang), Kodim 0308/Pariaman bersama Bulog Sumbar membuat demplot pertanian dengan varietas IR 42 di lahan seluas 1 hektar di Korong Sungai Sariak, Nagari Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman. Jumat (28/6).
Komandan Distrik Militer 0308/Pariaman Letkol Arm Hery Pujianto mengatakan , demplot (Demontration Plot ) adalah suatu metode penyuluhan pertanian dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang di demontrasikan.
Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), pemupukan sesuai dengan demografi wilayah. Di wilayah Malai V Suku, dengan kelompok Tani Sejah Tertera Jaya yang diketuai Abdul Rahman, merupakan wilayah binaan Koramil 02/Sungailimau.
Hery Pujianto juga mengatakan untuk mewujudkan program pemerintah terkait pencapaian swasembada pangan, Koramil dengan Babinsa-babinsanya harus bisa membuktikan menggarap sawah dengan baik dan siap menjadi contoh bagi para kelompok tani. Secara teknis saling jalin kerjasama dengan para PPL serta kelompok2 tani yang ada di wilayah binaan masing-masing.
“Kita harus optimis. Khususnya di wilayah Kota Pariaman dan Padang Pariaman akan dapat mencapai target dan realisasi tanam sesuai harapan. Pola tanam yang digunakan sistim legowo dengan organik murni yaitu BIOSS 44. Ini merupakan hal yang baru dan diperlukan kerja keras dan kerja cerdas, sehingga swasembada pangan akan kita capai,” ujar Dandim.
Sementara itu, Kasi hulu Bulog, Setyo mengaku sangat terbantu oleh TNI di lapangan karena dengan adanya Korami-koramil dan Babinsa yang tersebar di wilayah, memudahkan berkoordinasi dengan kelompok tani di tingkat bawah.(z)

Exit mobile version