Pustaka Senilai Rp10 M akan Dibangun

SOLSEL, METRO – Kabupaten Solok Selatan (Solsel) akan membangun gedung layanan pustaka kabupaten, direncanakan gedung dua tingkat itu akan dibangun tahun 2020 dengan anggaran Rp 10 Miliar.
“Tahun ini kami sedang mengajukan anggaran pembangunan pustaka itu ke pusat, semua datanya sudah dikirim. Semoga ini terealisasi,”ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Solsel, Yalasri, Jumat, (28/6).
Dijelaskan, pembangunan gedung layanan pustaka dan taman baca kabupaten itu, akan menghabiskan anggaran sebanyak Rp 10 Miliar dimana pengajuannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).
Dimana bangunannya direncanakan dibangun dua tingkat, dengan fasilitas yang nyaman bagi pembacanya. “Dengan anggaran yang diajukan itu, pustaka dibangun dua tingkat, dengan fasilitas yang nyaman bagi pengunjung yang datang, sehingga mereka betah berlama lama di pustaka,”ungkapnya.
Menurutnya, lokasinya akan dibangun di jalan poros depan kantor Bupati, hal ini agar mudah diakses oleh pengunjung. Keberadaan pustaka itu, banyak hal yang bisa didapatkan, dengan pustaka mampu mencerdaskan bangsa.
Rencana, layanan pustaka kabupaten itu, akan berinteraksi dengan pustaka nagari “Saat ini ada lima nagari binaan pustaka beringklusi sosial, yaitu Sungai Kunyit, Lubuak Malako, Bidar Alam, Alam Pauah Duo, Pakan Rabaa “katanya.
Inklusi sosial merupakan mengaplikasikan apa yang dibaca, seperti contoh menjahit, bertani dan beternak. Setelah mereka membaca, lalu diaplikasikan sendiri. Nantinya kedepan lima nagari ini akan mendapatkan bantuan buku bacaan dan buku digital. (afr)

Exit mobile version