BPJS Kesehatan Bagi-Bagi Baju Kaos pada Pedagang

POLIKO, METRO  – BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Rabu (26/6) sore, membagi-bagikan baju kaos warna putih kepada pedagang, tukang parkir, tukang ojek dan sopir angkot di Kota Payakumbuh. Hal ini bentu sosialisasi yang dilakukan BPJS Kesehatan kepada masyarakat untuk membayar iuran JKN-KIS setiap bulan.
Di samping itu, bagi-bagi baju kaos juga dalam upaya mensosialisasikan kepada masyarakat pedagang untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Hingga menjadi ajang curhat bagi masyarakat pedagang kepada BPJS Kesehatan terkait tunggakan pembayaran iuran.
Tampak masyarakat pedagang di Pasar Ibuah sangat antusias menerima baju kaos pemberian secara gratis dari BPJS Kesehatan, bahkan pedagang yang menerima baju kaos bertuliskan angka 10 dengan warna merah dibagian punggung dengan makna tanggal 10 (setiap bulan), batas waktu pembayaran iuran JKN-KIS. Juga ada tulisan care center 1500400. Kemudian juga ada tulisan ”bayar aktif selamat” dan gambar JKN Mobile serta 24 Jam.
Kemudian, di bagian depan kanan bertuliskan, BPJS Kesehatan, dibagian kiri bertuliskan revolusi mental dengan gotong-royong semua tertolong, jaminan kesehatan nasional-KIS, langsung memakai.
Masri, salah seorang penerima baju kaos BPJS Kesehatan, mengaku senang dan berterimakasih kepada BPJS Kesehatan. Dia bertekat akan menggunakan baju kaos warna putih itu untuk beraktivitas sehari-hari di pasar. Apalagi, dirinya merupakan salah seorang peserta JKN-KIS.
”Alhamdulillah. Saya gunakan untuk beraktivitas sehari-hari, sebab bajunya bagus. Lagi pula saya juga salah seorang peserta JKN-KIS. Semoga dengan menggunakan baju ini masyarakat yang lupa akan teringat untuk membayar iuran JKN-KIS setiap bulannya,” jelas Masri.
Pedagang lainnya, Emi mengaku sudah menunggak membayar iuran selama 2 bulan. Dirinya mempertanyakan kepada pegawai BPJS Kesehatan apakah kartunya masih aktif atau tidak?
”Saya sudah nunggak dua bulan, apakah kartu saya masih aktif atau tidak?” Tanya pedagang perempuan ini kepada pihak BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh yang turun pada sore itu.
Ratna Rulyani, petugas BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Bidang Penagihan dan Keuangan didampingi Staf Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Rahmat Kurniawan, saat bagi-bagi kaos kepada pedagang, tukang parkir, sopir angkot dan tukang ojek menyebut sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk taat membayar iuran tepat waktu.
”Kita memang bagi-bagi baju kaos kepada masyarakat pedagang di Ibuah, sopir angkot di Ngalau Indah, tukang ojek di Pasar Ibuah dan tukang parkir di pasar ibuah. Dengan harapan melalui baju kaos ini sosialisasi ajakan membayar iuran tepat waktu setiap bulan terwujud,” sebut Ratna Rulyani.
Dia juga menyebut bahwa pertanyaan masyarakat pedagang terkait tunggakan, agar cepat dibayarkan sehingga kartunya bisa aktif saat berobat kerumaj sakit. Soal denda jika menunggak, disampaikan Ratna, hanya akan dikenakan denda bila dirawat dalam waktu dekat seusai membayar tunggakan.
”Masih aktif, silakan bayar. Kalau denda itu bila dirawat inap dalam tempo waktu pelunasan tunggakan. Jika tidak dirawat inap maka tidak akan kenakan denda. Untuk itu kita ajak masyarakat untuk membayar iuran tepat waktu,” ajak Ratna. (us)

Exit mobile version