Dinkes Sunat Seratus Bocah dengan Gratis

SOLOK, METRO – Baznas Kota Solok bersama IDI dan Dinas Kesehatan Kota Solok menggelar khitanan masal bagi, Selasa (25/6) di Sport Hall Tanjung Paku. Sebanyak 100 orang anak ikut dalam kegiatan sunatan masal tersebut.
Kegiatan sunatan masal ini menurut Ketua Baznas Kota Solok, Zaini guna membantu warga kurang mampu. Tidak saja mendapat pelayanan sunatan secara cuma-cuma, anak-anak peserta sunatan gratis lanjutnya juga diberikan bingkisan tambahan berupa paket kain sarung, snack hingga uang transportasi.
Kegiatan sunatan masal gratis yang diinisiasi Baznas kota Solok tersebut didukung dana zakat yang terkumpul dari masyarakat kota Solok yang mempercayakan penyaluran kewajiban zakatnya melalui Baznaz.
“Sunatan masal gratis ini memang kita khususkan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu yang berasal dari Kota Solok, sehingga mereka tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk khitan anak,” ujar Zaini.
Dan kegiatan ini didukungan penuh oleh Ikatan Dokter Indonesia cabang Solok dan Dinas Kesehatan yang bersedia memberikan layanan kesehatan kepada anak-anak keluarga kurang mampu.
Terkait kegiatan sunatan masal Wali Kota Solok Zul Elfian mengatakan, kegiatan sosial sunatan masal gratis merupakan bentuk kepedulian Pemko Solok bersama Baznas dan IDI untuk meringankan beban keluarga tergolong ekonomi lemah.
Apalagi khitan merupakan sebuah kewajiban yang mesti ditunaikan setiap anak laki-laki muslim. Ada nilai-nilai kesehatan dan ibadah dalam syariat Islam yang terkandung didalamnya.
Seperti diketahui, Khitan merupakan sebuah kewajiban yang mesti dilakukan oleh setiap laki-laki muslim. Khitan atau yang lebih dikenal dengan istilah sunatan tersebut dianjurkan dilakukan sebelum anak laki-laki menginjak usia baligh. (vko)

Exit mobile version