Terminal Berubah jadi Pembuangan Sampah, DPRD Solsel: ”Ini Harus Dikembalikan ke Fungsinya”

SOLSEL, METRO – Permasalahan sampah yang menumpuk di Terminal Muaro Labuah, tepatnya di sebelah Pasar Muaro Labuah, Kecamatan Sungai Pagu mendapat perhatian dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solsel, Rabu (26/6).
Anggota DPRD Solsel dari daerah pemilihan III (Kecamatan Sungai Pagu, Koto Parik Gadang Diateh, Pauah Duo) melakukan monitoring lapangan dan melihat langsung keberadaan sampah yang menumpuk itu serta menebarkan bau tidak sedap.
Pembangunan lokasi itu yang diperuntukkan untuk terminal mobil, kini malah berubah fungsi menjadi terminal sampah. Alangkah mirisnya sarana transportasi yang telah menghabiskan uang miliaran rupiah untuk pembangunan terminal, malah tidak difungsikan sebagai mana mestinya.
Akibatnya, terminal yang berada persis di sebelah Pasar Muaro Labuah itu menjadi tempat pembuangan sampah pasar dan sampah rumah tangga bagi masyarakat yang berada disekitar itu.
Anggota DPRD Solsel, Muklis yang ikut pada monitoring itu mengatakan, permasalahan sampah yang terjadi di terminal pasar Muara Labuah itu harus dituntaskan, karena kondisi sekarang ini sudah sangat mengganggu aktivitas, terutama untuk kesehatan warga yang melintas dan bertempat tinggal di sekitar lokasi.
Untuk itu, lanjutnya, dewan meminta ketegasan dari pemerintah daerah terutama pada pihak terkait untuk segera menuntaskan permasalahan ini. Karena kami melihat ini sudah terjadi cukup lama.
“Permasalahan sampah di terminal ini sudah cukup lama, untuk itu kami meminta ketegasan pihak terkait agar segera menuntaskan nya, karena keberadaan sampah ini sudah viral,” ujarnya.
Untuk antisipasi agar warga tidak lagi membuang sampah ke lokasi terminal itu, terminal ini harus diaktifkan sehingga keinginan warga untuk membuang sampahnya tidak ada, demikian juga dengan keberadaan kontainer sampah di terminal itu, juga harus dihilangkan.
“Aktifkan terminal ini, lalu kontainer sampah yang ada di ambil. Mungkin warga tidak lagi membuang kelokasi ini,”ungkap Muklis.
Anggota DPRD Solsel Raimon, Senada dengan muklis, untuk segera menuntaskan permasalahan sampah ini, jalan terbaiknya adalah mengaktifkan terminal.
“Hal ini harus menjadi perhatian serius karena sudah mengganggu kenyamanan warga sekitar, Dinas Perhubungan harus segera mengaktifkan terminal ini, selain kendaraan umum tertata,geliat perekonomian di sekitaran terminal akan terjadi,” kelas Raimon.
Untuk itu diharapkan agar pemerintah segera mencarikan solusi terbaiknya, segera tuntaskan keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, hal ini tidak akan keberadaan sampah menjadi bermasalah. “Jika terminal aktif, TPA Sampah ada maka permasalahan sampah tidak ada lagi. Kami berharap ini dalam waktu dekat segera tuntas,”ujar Raimon.
Salah seorang warga Kampung Palak, Nagari Pasia Talang Selatan Kecamatan Sungai Pagu, Irda Hendri menyebutkan, keberadaan sampah di sekitar terminal itu sangat menganggu aktifitas warga. Bermacam sampah yang buang, mengakibatkan muncul aroma yang tidak sedap dari lokasi Pembuangan sampah di terminal ini.
Ditenggarai, warga yang membuang sampahnya tidak siang hari,tapi terjadi pada waktu malam hari. Saat ini separoh lokasi terminal sudah terisi oleh sampah.
“Kami sangat mengharapkan keberadaan sampah di terminal ini segera menemui titik terang dan warga tidak lagi membuang sampah kelokasi ini,” kata Hendri.
Ikut pada monitoring lapangan ini, Anggota DPRD, Betri Kelana, Afrizal Dr Rajo Jalil, Arizal, Camat Sungai Pagu, Rolli Almart, Kabag Pengawasan dan Anggaran, Sekwan Joni Satri, Wali Nagari Pasia Talang Selatan, Zoni Marjis dan pendamping dari Sekwan DPRD. (afr)

Exit mobile version