148 UPT SD dan SMP Dilantik Pj Sekdakab Tanahdatar

TANAHDATAR METRO – Sebanyak 148 orang Unit Pelayanan Teknis (UPT) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertaam (SMP) dilantik sekaligus diambil sumpah oleh Pj Sekdakab Tanahdatar Helfy Rahmi Harun di aula Kantor Bupati Pagaruyung, Jumat sore (21/6).
Helfi Rahmy menyampaikan, pelantikan yang dilakukan merupakan pengisian kepala UPT sekolah yang kosong karena pension dan banyak guru kelas diberi tugas tambahan sebagai Pelaksana Tugas (Plt), untuk itu berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 8356 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.
Lebih lanjut, Sekda katakan secara umum persyaratan administrasi yang belum terpenuhi teresebut adalah Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) calon Kepala Sekolah. Alhamdulillah saat ini sudah cukup banyak guru yang telah memiliki, namun belum seluruhnya bias terpenuhi untuk menjabat kepala sekolah ataupun UPT.
Untuk mengisi kekurangan guru pemkab tanah datar akan mengusulkan ke Kemenpan dan RB RI sebanyak 65 orang formasi tahun 2019.
Sekda juga mengatakan, tugas seorang guru cukuplah berat, di samping sebagai tenaga pendidik, fasilitator, pelayan, perancang, pengelola dan penilai terhadap hasil belajar anak didikannya juga ditambah dengan tugas kepala sekolah.
“Kepala sekolah dituntut untuk mampu membuat perencanaan program sekolah, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi,” tutur Sekda.
Tak hanya itu Sekda berharap kepada seluruh guru yang hadir pada acara tersebut yang dipercaya sebagai kepala sekolah maupun pengawas dan UPT harus bekerja sungguh-sungguh dalam mendidik dan membina muridnya sesuai tugas dan tanggung jawab.
“Amanah yang dilaksanakan dengan sepenuh hati, jujur, ikhlas serta sesuai aturan dan jangan sekali-kali melakukan perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku,” ujar Sekda.
Sementara, Kepala BKPSDM Tanahdatar Suhermen mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penugasan guru sebagai Kepala UPT SD dan SMP sebanyak 148 orang terdiri dari 127 kepala UPT SD dan 21 Kepala UPT SMP terhitung mulai tangal pelantikan. (ant)

Exit mobile version