BLK Ponpes Darul Ulum Diresmikan

PASAMAN, METRO – Pelatihan komputer angkatan II di BalaiLatihan Kerja (BLK) komunitas Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Yapa Kombang Baru, Tapus, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, resmi dimulai.
Hal itu dibenarkan oleh penanggung jawab BLK Komunitas Ponpes Darul Ulum, Nawawi Siregar. Ia mengatakan Pelatihan komputer angkatan ll tersebut resmi dimulai pada Selasa (18/6) kemarin di Pondok Pesantren tersebut. Diikuti sebanyak 16 orang peserta dari total 22 peserta yang mendaftar. Tiap peserta akan mengikuti pelatihan selama 8 jam setiap hari.
Nawawi mengatakan, bahwa pelatihan berbasis kompetensi di BLK itu tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab, seluruh biaya pelatihan peserta sudah ditanggung oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).
“Fasilitas pelatihan, berupa seragam pelatihan, uang transport, makan, asuransi, modul pelatihan, sertifikat pelatihan, sertifikat BNSP, semuanya ditanggung oleh Kemnaker,” katanya.
BLK Komunitas di Ponpes Darul Ulum untuk tahun 2019 mendapatkan jatah 6 paket kegiatan pelatihan komputer dari pihak Kemnaker RI. Pelatihan tersebut harus terlaksana sebelum Desember 2019 berakhir. “Sebanyak 6 paket kegiatan pelatihan komputer di BLK harus tuntas di tahun ini,” katanya.
Ia berharap, seiring kehadiran BLK Komunitas, Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang ilmu komputer semakin meningkat serta memiliki daya saing tinggi. Kepada peserta pelatihan, ia meminta, agar serius mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di BLK Komunitas itu sejak awal hingga berakhir nanti.
“Pesan kita, mereka serius mengikuti pelatihan komputer operator asisten tersebut,” tutup Nawawi. (cr6)

Exit mobile version