Jambore PKK dan TTG Sumbar, Solsel Turunkan Kekuatan 21 Kader Beserta Pendamping

SOLSEL, METRO – Kontingen kader PKK Berprestasi Kabupaten Solsel, telah tiga hari ikut melaksanakan berbagai kegiatan perlombaan program PKK dan penilaian hasil produksi Teknologi Tepat Guna (TTG) di ajang Jambore Terpadu Kader PKK Berprestasi dan Gelar TTG Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di Lapangan Cindua Mato Kota Batusangkar Kabupaten Tanahdatar, mulai Senin -Kamis (17-20/06).
Kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit Selasa (18/6) itu, kontingen Solsel turun dengan kekuatan peserta lomba kader PKK sebanyak 21 orang ditambah dengan pendamping dan peserta lomba TTG lainnya, dengan pimpinan rombongan Ketua TP PKK Solsel, Wakil Ketua TP PKK Solsel, Ny Bet Yulian Efi,dan Ny. Il Epli Rahmat.
Menurut Ny Bet Yulian Efi didampingi Wakil Sekeretaris TP PKK Solsel, Ny. Martiusna, kontingen Solsel optimis untuk meraih nomor juara untuk beberapa kategori lomba program PKK. Bahkan, untuk lomba penampilan yel-yel dan out bond juga menjadi target untuk direbut di ajang lomba kader PKK Berpertasi tahun 2019 tingkat Provinsi tahun ini.
“Ada beberapa jenis lomba kader yang menjadi andalan yakni, simulasi Pola Asuh Anak dan Remaja, Bermain Peran Pokja III, Stan Up Comedi untuk Pokja IV, serta out bond berjalan dalam lingkaran Koran serta penampilan yel-yel saat defile kontingen pada pembukaan,” Ny Bet Yulian Efi.
Dijelaskan, kesiapan kader kita bukanlah sesaat setelah digelarnya pelaksanaan seleksi kader PKK Berprestasi yang dilaksanakan pada minggu lalu. Akan tetapi telah memiliki kader-kader yang handal untuk melaksanakan 10 program PKK di setiap nagari yang ada di Solok Selatan.
Jadi, keikut sertaan para kader untuk ajang lomba kegiatan program PKK tidak hanya mengandalkan latihan sesaat, tetapi telah terlatih didalam setiap waktu saat pelaksanaan program PKK setiap tahunnya. “Para kader tidak hanya berlatih sesaat, tapi mereka telah berlatih setiap waktu,” ungkapnya.
Ditambahkan Wakil Sekretariat TP PKK Solsel Martiusna, kontingen Solsel pada ajang Jambore kader PKK Berprestasi Tingkat Sumbar kali ini tidak saja dari hasil seleksi kader yang baru saja kita laksanakan Rabu minggu kemarin. Akan tetapi kita telah memiliki kader yang siap untuk ikut lomba disetiap ajang perlombaan.
Hal ini menurutnya, tidak terlepas dari keseriusanan seluruh Ketua TP PKK Kecamatan dan Nagari yang telah melaksanakan 10 program pokok PKK didaerah masing-masing. Selain itu yang tidak kalau pentingnya adalah dorongan dan dukungan dari Ketua TP PKK Solsel, Ny Hj Suriti Muzni serta beberapa OPD terkait dilingkungkan Pemkab Solsel.
Bahkan yang sangat berperan aktif sekali adalah, dukungan dari Dinas PP2KBPP dan PA Solsel, Dinas Kesehatan Solsel, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikangan serta dukungan dari Bagian Umum Sekdakab Solsel.
“Kita berharap, pada ajang jambore kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar tahun ini, Solsel mampu meraih prestasi dan tentu akan dapat pula melaku ke ajang Jambore Nasional nantinya,” ujarnya. (afr)

Exit mobile version