Nagari Cubadak Dinilai Tim Penilai Provinsi

TANAHDATAR, METRO – Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum mewakili Tanahdatar ke Tingkat Sumbar dalam lomba Nagari Berprestasi dinilai tim penilai Pemprov Sumbar, Kamis (13/6). Ketua Tim penilai yang juga Kabid Pemerintahan Desa Azwar menyebutkan, berbagai kelebihan Nagari Cubadak telah ditampilkan kepada tim penilai, sebelum acara dimulai juga ditayangkan video profil Nagari Cubadak dengan berbagai potensi yang ada.  Kalau Nagari Cubadak mempunyai kelebihan dari nagari lainnya di Sumbar, maka jelas yang terbaik akan jatuh ke Cubadak.
Apa yang telah disampaikan Wali Nagari akan ditinjau ke lapangan apakah memang benar yang disampaikan tersebut akan dibuktikan di lapangan dan wawancara serta diskusi dengan pihak terkait.
Menurut ketua tim, yang dinilai dalam lomba nagari berprestasi ini antara lain bidang kesehatan, ekonomi, PKK, Kamtibmas, pemerintahan, kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan lainnya. Sehingga antara data yang ditampilkan dengan kondisi di lapangan harus sesuai serta inovasi yang telah dilakukan.
Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma sampaikan, ditunjuknya Nagari Cubadak mewakili kabupaten Tanah Datar dalam lomba nagari berprestasi ini sudah melalui proses yang panjang, setiap kecamatan telah dipilih mewakili satu nagari, dari 75 nagari di Tanah Datar maka Nagari Cubadak lah yang terbaik dan pantas untuk maju ke tingkat propinsi, Insha Allah  nanti juga dapat mewakili Sumatera Barat ke tingkat nasional.
Sebelum mewakili tanah datar ke propinsi pemerintah daerah melalui tim juga melihat perkembangan nagari terhadap tiga bidang yaitu bidang pemerintah, bidang kewilayaan dan bidang kemasyarakatan  serta didukung indikator inisiatif dan kreatifitas dengan berbagai inovasi.
Wali Nagari Cubadak Asrizallis sampaikan nagari Cubadak banyak kelebihan dari nagari lainnya di Tanah Datar dengan memiliki 5 pilar program yaitu sholat berjamaah lima waktu di masjid dan surau,  prilaku hidup bersih,  sehat dan teratur serta budayakan gotong-royong, pendidikan (satu rumah satu sarjana), bekerja dan mencari nafkah sebagai ladang ibadah dan pembangunan prioritas.
Kedepannya pemerintah nagari juga akan  mewujudkan program kabupaten tahfiz dengan satu rumah satu hafiz serta berbagai inovasi juga dilakukan diantaranya dibidang pertanian dengan memiliki pabrik pengolakan minyak seari wangi dan destinasi wisata.
Usai acara serimonial penyambutan dan acara ekspose setelam makan siang acara dilanjutkan untuk wawancara dengan lembaga yang terkait dan peninjauan lapangan, sesuai dengan ekspose yang telah disampaikan wali nagari. (ant)

Exit mobile version