Harkitnas 2019, Maknai dengan Semangat Gotong Royong

PADANG PANJANG, METRO – Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 Tingkat Kota Padangpanjang di Lapangan Anas Karim, Senin (20/5).
Bertemakan “Bangkit untuk Bersatu, Kebangkitan untuk Persatuan”, merupakan bentuk peringatan Harkitnas sebagai wujud menghargai perjuangan pahlawan dalam membela tanah air.
Walikota Padang Panjang Fadly Amran dalam membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengatakan sumpah palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan para pahlawan Nasional untuk mengikat wilayah Indonesia.
Kali ini, Peringatan Harkitnas yang ke-111 diperingati tanggal 20 Mei sangat relevan jika dimaknai dengan teks sumpah palapa.
“Kita saat ini berada dalam situasi pesta demokrasi, kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda, meskipun demikian kita pasti niatkan untuk kebaikan bangsa,” sebut Walikota.
Seabad lebih Indonesia telah menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan yang ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Oetomo. “Berbagai kemajemukan lahir, pertentangan dan perdebatan, dan kita hingga detik ini masih dapat membuktikan bahwa kita mampu menjaga kesatuan,” ujar Wako.
Disamping itu, Walikota juga mengatakan, implementasi dalam peringatan ini diharapkan mampu memaknainya dengan semangat bergotong royong dan bekerjasama demi membangkitkan kembali cita-cita sebagai bangsa dan negara Indonesia.
“Maka dari itulah, semangat tersebut harus lahir dari pemimpin-pemimpin kita, sehingga nantinya masyarakat juga ikut berpartisipasi dan bersemangat dalam membangun Negara, khususnya Kota Padang Panjang,” kata Fadly
Upacara Harkitnas diikuti Wakil Walikota Padangpanjang Drs. Asrul, unsur Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, seluruh Pejabat di Lingkungan Pemerintah, ASN se- Padang Panjang serta pelajar Kota Padang Panjang. Kegiatan dilanjutkan dengan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bakti Padang Panjang serta penaburan bunga pada makam para pahlawan. (rmd)

Exit mobile version