Wawasan Kebangsaan Membuka Kesadaran Pembangunan

PDG.PARIAMAN, METRO – Wakil Bupati (Wabup) Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, membuka secara resmi pembinaan wawasan kebangsaan bagi aparatur organisasi masyarakat ( ormas ), LSM, guru dan generasi muda se Kabupaten Padangpariaman tahun 2019. ”Sosialisasi ini sangat penting agar dapat dimaknai sebagai usaha sadar dan terencana untuk membangkitkan kesadaran dan sikap positif terhadap pembangunan karakter bangsa guna mewujudkan masyarakat yang berketuhanan yang maha esa bagi semua aparatur ormas yang ada di Kabupaten Padangpariaman,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur saat acara.
Sehingga katanya, terujut semua aparatur ormas yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan Indonesia, berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawatan /perwakilan,serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Katanya, ormas sebagai wadah jaminan hak berserikat dan berkumpul bagi warga negara, merupakan lembaga partisipasi masyarakat dan penguatan sistem sosial, yang merupakan salah satu perangkat dalam sistem kenegaraan kita, sebagaimana diamanatkan oleh UU No.17 tahun 2013 tentang Ormas.
Namun demikian katanya, diera globalisasi ini kapasitas kelembagaan Organisasi Kemasyarakatan belum optimal dalam peberdayaan masyarakat. Sebagai mitra pemerintah, untuk mendukung penyelenggaraan pemerintah maka dibutuhkan upaya fasilitas pemerintah untuk mengoptimalkan pemberdayaan Ormas tersebut.
“Untuk itu sekarang kita adakannya sosilisasi dan dialog ini dan kami berharap dapat meningkatkan peran dan fungsi Ormas dalam pembangunan, memberi konsekuensi pentingnya membangun sistem pengelolaan Ormas yang memenuhi kaidah Ormas yang sehat sebagai organisasi nirlaba yang demokratis, profesional, mandiri, transfaran dan akuntabel,” ungkapnya.
Kemudian kata Suhatri Bur, penanaman wawasan kebangsaan bagi Organisasi kemasyarakatan sangat diperlukan, hal ini untuk menghindarkan ormas tersebut dari kegiatan – kegiatan yang bertentangan dengan pancasila, serta mampu menambah kesadaran tentang bagaimana membangun komitmen dalam menjaga keutuhan NKRI
Selanjutnya Suhatri Bur juga menekankan pentingnya menangkal lunturnya wawasan kebangsaan di masyarakat dengan secara berkala, karena itulah perlu Pemkab Padangpariaman melakukan dialog maupun sosialisasi terkait dengan ideologi Negara dan hal –hal yang mampu menjaga keutuhan NKRI. (efa)

Exit mobile version