Saat Bencana Jangan Panik, Kenali Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul

TANAHDATAR, METRO – Tanahdatar merupakan wilayah subur dengan berbagai sumber daya alamnya, namun juga menyimpan potensi ancaman bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Seperti gempa bumi, longsor, banjir bandang, angin kencang, kebakaran dan lainnya.
Maka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019 menjadi momentum untuk melatih kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat menghadapi bencana alam. Hal ini diungkap Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi saat memimpin apel bersama ASN, utusan Polri dan relawan BPBD dalam rangka peringatan HKBN di halaman Kantor Bupati di Pagaruyung, Jumat (26/4).
Irdinansyah mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap waspada terhadap lingkungan masing-masing terutama terhadap potensi yang menyebabkan bencana. “Kejadian bencana selalu memberikan dampak kerugian harta benda dan bahkan nyawa. Dengan waspada tentu dampak itu bisa diminimalisir. Namun yang perlu diperhatikan ketika terjadi bencana adalah jangan panik, mengenali jalur evakuasi dan tahu juga titik kumpul yang aman,” pesannya.
Sesuai tema HKBN 2019 ini, tambah Irdinansyah, yakni Perempuan menjadi guru siaga bencana, rumah menjadi sekolahnya, siap selamat.
“Tema ini berharap agar keluarga memiliki rencana kesiapsiagaan bencana, sehingga dalam kondisi darurat bisa bergerak cepat, tidak cepat panik sehingga meminimalisir kerugian ataupun korban,” tukas Irdinansyah.
Kepala BPBD Tanah Datar Thamrin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang membantu BPBD dalam penanganan bencana. “Di momen HKBN yang diperingati setiap 26 April ini, Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak yang terlibat dalam penanganan bencana seperti kepolisian, TNI serta relawan Bencana yang bekerja keras dan tanpa kenal lelah ketika ada bencana atau musibah,” katanya. (ant)

Exit mobile version