Masyarakat Pasaman Diminta UKM Berciri Khas

PASAMAN, METRO – Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Mara Ondak mengajak, seluruh masyarakat Pasaman untuk memgembangkan segala bentuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan mempunyai ciri khas dengan memaksimalkan kearifan lokal.
Hal itu dikatakannya saat meninjau stand Dekranasda Kabupaten Pasaman pada acara Jakarta Internasional Handicraft Fair (Inacraft) 2019 di Jakarta Conventiin Center (JCC) Senayan.
Menurut Maraondak, kain batik motif sisik ikan karya siswa Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuk Sikaping merupakan suatu terobosan baru untuk mendongrak pelaku UKM khususnya di Kabupaten Pasaman.
“Karya tersebut merupakan ciri khas Pasaman saat ini. Semoga hasil karya ini dapat berkembang pesat di luar Pasaman,” kata Mara Ondak, Minggu (28/4).
Ondak mengatakan, ajang Inacraft ini bisa dijadikan momentum untuk belajar oleh Dekranasda bersama OPD terkait untuk melahirkan produk UKM andalan yang mampu berbicara pada tingkat Nasional,  Regional dan bahkan Internasional.
Batik karya siswa BLK yang ditampilkan di ajang Inacraft tersebut, katanya dapat ditangani dengan serius dan sungguh-sungguh oleh OPD terkait sehingga pada gilirannya nanti dapat menjadi produk andalan Pasaman dimasa mendatang.
“Saya mengajak semua pihak agar terus bersemangat dalam memajukan industri kerajinan tangan dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi aktif pada ajang Inacraft 2019 ini,” kata Maraondak.
Di samping itu, ia juga berharap ke depannya Kabupaten Pasaman dapat berpartisipasi lebih pada ajang inacraft 2020 mendatang.
“Semoga tahun depan kita mampu menghadirkan produk-produk yang lebih banyak dan semarak lagi dengan kerajinan yang baru serta lebih spesifik,” tutup Ondak. (cr6)

Exit mobile version