1 Ramadhan Ditetapkan 6 Mei 2019

PADANGPANJANG, METRO – Jelang Ramadhan 1440 Hijriah tahun 2019, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang, gelar rapat bersama penetapan awal Ramadan dan awal Syawal di ruang rapat VIP Balaikota. Sesuai hasil kajian dan pembahasan bersama, awal Ramadhan jatuh pada 6 Mei dan 1 Syawal jatuh, 5 Juni2019 mendatang.
Kegiatan ini dibuka langsung Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Emir Emil Elmaulid, turut hadir Kepala Dinas Kominfo Marwilis, Kepala Kantor Kemenag Kota Padangpanjang Gusman Piliang, Kabag Kesra Eri, perwakilan MUI, BMKG, NU, Muhammadiyah dan pihak terkait.
Dalam sambutannya Emil menyebutkan dari pemaparan antara hitungan hisab BMKG dan tim hisab Kota Padang Panjang sudah bisa dikatakan hampir sama, bahwa 1 Ramadan jatuh pada tanggal 6 Mei dan 1 Syawal jatuh pada tanggal 5 Juni.
 Seiring dengan  hal tersebut, 5 Mei mendatang juga akan diadakan sidang isbat.
“Semoga kedepannya tidak ada perbedaan yang terjadi, sehingga masyarakat Kota Padangpanjang khususnya bisa memasuki Ramadan dan Syawal bersama-sama,” ujar Emil.
Kegiatan penetapan 1 Ramadan ini sekaligus akan menyusun kegiatan selama bulan Ramadan.  Sementara  masuknya bulan puasa tersebut Pemko juga  mengagendakan pembentukan tim ramadhan untuk berkunjung memberikan safari ramadhan ke masjid-masjid.
Dalam kunjungan  Tim Safari Ramadhan tersebut, sebut Emil, sekaligus mensosialisasikan program pemerintah sekaligus menampung aspirasi masyarakat setempat.
“Kita berharap usai pertemuan penetapan awal Ramadhan ini, kita dapat mempersiapkan dan merencanakan kegiatan selama Ramadan,” kata Emil. (rmd)

Exit mobile version