IAIN Batusangkar Gelar Wisuda ke-7 , 7 Program Studi/Jurusan Terkreditasi A

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar kembali dapat menuai hasil dari kerja keras yang telah dilakukan oleh segenap civitas. Hasil kerja keras ini ditandai dengan diwisudanya sebanyak 641 lulusan pada Wisuda Angkatan VII TA 2018/2019, di aula auditorium Selasa dan Rabu (24 dan 25 April) oleh  Rektor Dr. H. Kasmuri, MA.
Prosesi wisuda juga dihadiri seruluh Anggota Senat IAIN Batusangkar. Rektor dan seluruh civitas akademika, mengungkapkan rasa bangganya kepada mahasiswa yang telah mencapai gelar Magister, Sarjana dan Ahli Madya.
”Kepada 641 orang wisudawan dan teristimewa pula ucapan selamat bagi wisudawan/wati terbaik tahun ini, diharapkan dapat memanfaatkan ilmu dengan baik yang didapatkan selama kuliah, baik dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah,” ungkap Rektor Kasmuri.
Sebagai rektor, Kasmuri mohon maaf kepada semua wisudawan karena untuk wisuda kali ini agak sedikit terlambat beberapa minggu dari jadwal biasanya. Ini disebabkan karena kesempatan bersama antara pimpinan dan mahasiswa, yaitu kesepakatan untuk menunggu nilai hasil Visitasi Akreditasi Jurusan Perbankan Syariah.
”Dan akhirnya pada hari ini dengan bangga saya informasikan, alhamdulillah Sertifikat Akreditasi dari BAN-PT sudah kita kantongi pada 10 April 2019 lalu,” sebutnya.
”Sertifikat Akreditasi yang kita tunggu-tunggu tersebut ternyata memperoleh peringkat paling terbaik yaitu terakreditasi A. saya mengganggap ini merupakan buah dari kesabaran dan perjuangan berupa kerja keras kita semua, pada kesempatan ini mengucapkan selamat kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan keluarga besar FEBI,” lanjutnya.
Dengan demikian hingga saat ini, dengan bangga ia mengucapkan kepada seluruh tamu undangan saat ini. IAIN Batusangkar sudah mengoleksi sebanyak 7 Program Studi/Jurusan yang terakreditasi A, yaitu Jurusan Akhwal Al Syakhsiyyah, Hukum Ekonomi Syariah, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Jurusan  Perbankan Syariah. Dengan capaian ini maka IAIN Batusangkar semakin kokoh, dengan sebutan PTKIN dengan Jurusan Terakreditasi A Terbanyak di Sumbar.
”Tidak hanya itu yang membanggakan IAIN Batusangkar, secara mengejutkan minggu yang lalu kita juga berhasil memperoleh Jurnal Ilmiah Terakreditasi Nasional yaitu SINTA di peringkat ke II. SINTA merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja ilmu pengetahuan dan teknologi, antara lain kinerja peneliti, penulis dan kenerja institusi Iptek. Dan, tidak tanggung-tangung pada Selasa (23/4), kita juga memperoleh nilai Akreditasi B dari BAN-PT yaitu Jurusan Tadris/Pendidikan Biologi dan Jurusan Ekonomi Syariah,” ulasnya.
Pada wisuda ke VII ini IAIN Batusangkar juga memberikan penghargaan kepada enam wisudawan/ti lulusan terbaik, yakni Program Pascasarjana diraih oleh, Ali Mutasar Prodi Manajemen Pendidikan IPK (3,96). Pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidiakan diraih oleh Latifa Alhusna IPK (3,92) sedangkan pada Fakultas Syariah diraih oleh Rin Sri Dewi Gumelar IPK (3,85). Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah diraih oleh Lisa Laode Aidi, Fakultas Ekomoni dan Bisnis Islam diraih oleh Ridho Am Agusming IPK (3,88) dan lulusan terbiak Diploma tiga yaitu Syerli Rahmi Putri dengan IPK (3,72).
Selain itu rektor juga memberikan penghargaan kepada 22 orang peneliti Terbaik, ynag berasal dari masing-masing jurusan.
Sementara, Ketua Panitia Wisuda Ibu Dr. Hj. Demina, M.Pd mengatakan sebanyak 641 orang wisudawan terdiri dari 44 orang  lulusan Program Pascasarjana (S.2), 542 orang lulusan Program Sarjana (S.1) dan 55 orang lulusan Program Diploma Tiga. Yang tersebar di 27 Jurusan Sarjana dan 6 Program Studi Pascasarjana. (**)

Exit mobile version