Rekapitulasi Suara Diawasi Bupati

PASAMAN, METRO – Bupati Pasaman Yusuf Lubis meninjau persiapan rekapitulasi dan penghitungan suara di kecamatan-kecamatan yang ada di Pasaman, Sabtu (20/4). Tujuan peninjauan itu dilakukan untuk memastikan semua kotak suara atau hasil perolehan suara di TPS tiba di kecamatan-kecamatan di Pasaman.
Dalam kunjungannya Bupati didampingi Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, Dandim 0305 Pasaman diwakili Kasdim Mayor Inf Supriyono, pihak Kesbangpol Pasaman, Bawaslu dan beberapa OPD di lungkungan Pemda Pasaman.
Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengatakan, tujuan dilakukan peninjauan tersebut
untuk memastikan semua kotak suara atau hasil perolehan suara di TPS tiba di kantor kecamatan atau di Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Lebih cepat dilakukan penghitungan di kecamatan lebih baik, sesuia jadwal yang telah ditentukan sehingga nantinya fokus rekapitulasi tinggal di KPU,” kata Yusuf.
Bupati dalam kesempatan itu meminta agar PPK untuk lebih berhati-hati mencermati hasil dari laporan TPS dan PPS di Nagari agar tidak terjadi kesimpangsiuran data dilapangan.
“Apabila data PPK tidak bermasalah, maka akan lebih mudah diinput KPU nanti. Setelah C1 TPS sudah diterima PPK, maka data rill yang lebih lengkap secara keseluruhan akan diminta oleh saksi. Kuncinya di PPK, acuan data yang lebih valid terletak disana,” kata Bupati.
Bupati juga meminta kepada para peserta pemilu dan para pendukung bersiap untuk menerima apapun hasilnya nanti. “Ya, kepada para peserta pemilu agar menerima kalah atau menang nanti begitu juga kepada para pendukung juga bisa menahan diri dan menerima dengan lapang dada,” harap Yusuf.
Sementara itu Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin juga mengatakan, pemilu tahun 2019 ini berjalan lancar aman, damai dan badunsanak.Pihaknya sudah menempatkan 10 hingga 15 orang personilnya dibantu personil kodim 0305 Pasaman untuk memantau jalannya penghitungan rekapitulasi suara di kecamatan. “Apapun hasilnya patut dihormati nantinya dan mari jaga silaturrahmi,” harap Kapolres. (cr6)

Exit mobile version