Forkopimda Sijunjung Turut Awasi Tahapan Pemilu

SIJUNJUNG, METRO – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Sijunjung melakukan pengecekan dan monitoring secara langsung proses persiapan pelaksanaan pemilu di Kecamatan Kupitan, Selasa (6/4). Dalam kunjungan secara mendadak tersebut, Ketua PN, Rendra Yosar Dharma Putra mengunjungi kantor Camat Kupitan guna melakukan pengecekan kesiapan petugas dan logistik pemilu di Kecamatan Kupitan yang telah dikirim KPU sebelumnya.
Kegiatan itu dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilu terlaksana dengan baik dan lancar, Selasa (16/4) tepatnya satu hari menjelang pemilihan. Di Kabupaten Sijunjung, seluruh Forkopimda dilibatkan dalam pengawasan dan peninjauan secara langsung pelaksanaan pemilu 2019 di setiap kecamatan hingga TPS yang ada. Pengawasan dan peninjauan itu dilakukan untuk memastikan agar pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar, aman dan sukses khususnya di Kabupaten Sijunjung.
Ketua PN Sijunjung, Rendra Yosar Dharma Putra mengatakan bahwa, peninjauan itu dilakukan demi kelancaran proses dan persiapan pemilu. “Menjelang waktu pemilihan ini, untuk kecamatan Kupitan sudah berjalan dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti. Begitu juga dengan logistik pemilu juga sudah sampai di UDKP kecamatan dan mendapat penjagaan dari anggota polisi, TNI dan Bawaslu,” tuturnya saat meninjau ke kecamatan, Selasa (16/4).
Pihaknya juga mengatakan, peninjauan dan pengecekan ini dilakukan oleh seluruh Forkopimda yang ada di Kabupaten Sijunjung.
“Hal ini dilakukan agar memastikan kesiapan dan kelancaran pemilihan terlaksana dengan baik. Jadi kepada masyarakat jangan mudah untuk terpancing dengan isu yang belum jelas kebenarannya. Serta kita berharap masyarakat bisa memberikan hak suara pada pemilu ini dengan aman dan lancar,” harapnya.
Keterlibatan Fokopimda di Kabupaten Sijunjung dalam pengawasan tidak hanya dilakukan menjelang waktu pemilihan berlangsung. Namun juga setelah pemilihan hingga proses dan tahapan pemilu itu sendiri selesai digelar.
“Kita libatkan seluruh Forkopimda, forkopimcam hingga tingkat nagari yang ada untuk bersama-sama melakukan pengawasan pemilu. Baik itu prosesnya ditingkat kecamatan, nagari hingga di TPS. Hal ini untuk ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemilu. Serta memberikan rasa aman kepada masyarakat untuk menangkal isu yang belum jelas kebenarannya,” tutur Yan Hadian, Kasi Binpol pada Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Sijunjung.
Disamping itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat secara bersama-sama untuk melakukan pengawasan di lapangan.
“Mari kita kawal bersama-sama pada setiap proses dan tahapannya. Ini tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan pemilu ini,” imbaunya. (ndo)

Exit mobile version