KPU Padangpanjang Klaim Siap Gelar Pemungutan

PADANGPANJANG, METRO – Ketua KPU Padangpanjang Okta Novisyah menyatakan, terkait dengan sejauh mana persiapan menghadapi Pemilu 2019 KPU Kota Padangpanjang sudah melakukan persiapan seperti pernyotiran surat suara, sosialisasi Pemilu kepada masyarakat “Jika dipertanyakan kepada kami menyangkut kesiapan dalam melaksanakan Pemilu2019, kami sudah melaksanakannya sejak awal,” ujar Okta Novisyah, Sabtu (13/4).
Okta mengatakan, untuk peserta pemilu di Kota Padang Panjang tercatat. Peserta didapil Padang Panjang Barat 22704, dan dapil Padang Panjang Timur 16077 Peserta. Dengan jumlah keseluruhan 38781 Orang Peserta.
Kemudian terkait dengan surat Pemilu 2019 ini Okta menjelaskan, surat suara terdiri dari 5 warna yang pertama yaitu Abu – Abu untuk Presiden dan Wakil , Merah untuk DPD , Kuning untuk DPR – RI dan Biru untuk DPRD Provinsi serta warna Hijau untuk DPRD kabupaten dan kota.
Ditambahkannya, untuk surat suara itu sendiri sekarang sedang dalam tahap penyortiran yang akan diperkirakan selesai dalam waktu secepatnya karna H- 1 itu sudah dikirimkan kepada masing – masing Kecamatan, dan tadi Subuh kami bersama pihak Polres Padang Panjang juga sudah menjemput surat suara tambahan ke Bandara International Minangkabau (BIM).
Terkait dengan surat suara yang rusak, Okta menjelaskan, sejauh ini sudah menemukan sebanyak (9660) surat suara yang rusak dengan rincian Presiden (728) Surat suara , DPD (1150) Surat suara, DPR RI (3325) Surat suara, DRPD Provinsi Dapil Sumbar 6 (1850) Surat suara dan DPRD Kabupaten/Kota Dapil 1 (2090) serta Dapil 2 (517). Dan pada nantinya surat suara yang rusak tersebut akan dimusnahkan/dibakar sebelum tanggal 16 April di halaman gudang logistik KPU Kota Padangpanjang.
Okta mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padangpanjang, menjauihi segala unsur – unsur hoaxs, sara dan ujaran kebencian, mari beramai ramai datang ke TPS untuk menenggunakan hak pilih, karena satu suara menentukan nasib Indonesia untuk 5 tahun yang akan datang, sehingga tidak ada lagi terdengar kata – kata golput dan kami berhap Pemilu di Kota Padangpanjang bersih dari segala bentuk kecurangan. (rmd)

Exit mobile version