Rumah Tahfidz Ar-Raudhah Diresmikan, Wujudkan Generasi Cerdas dan Berakhlakulkarimah

TANAHDATAR, METRO – Masjid Ar-Raudhah yang berada di pinggiran lintas jalan raya Padang – Bukittinggin Nagari Aie Angek Kecamatan X Koto dinilai sudah sangat tepat Bupati Irdinansyah Tarmizi. Hal ini disampaikan saat meresmikan pemakain masjid dan rumah Tahfidz Ar-Raudhah, di Nagari Aie Angek, Rabu (10/4/19).
Bupati Irdinansyah mengatakan, ada beberapa alasan mengapa Pemkab Tanahdatar secara terus menerus melakukan program tahfidz qur’an. Hal ini dikarenakan anak-anak yang hafidz qur’an cenderung pintar dan mereka juga memiliki akhlaq yang mulia. “Untuk itu sejak saya menjadi bupati di Tanahdatar, yang semula cuma ada 6 rumah tahfidz sekarang sudah menjadi 156 rumah tahfidz dan 14 diantaranya menjadi binaan pemerintah kabupaten,” ujarnya.
Dia mengatakan, Pemkab Tanahdatar memberikan janji bagi anak-anak yang terbaik dan terbanyak dalam hafalan al Quran akan diberikan reward untuk pergi studi banding ke luar negeri. Hal ini kami lakukan guna untuk memberikan motifasi kepada anak-anak agar lebih giat dan rajin lagi dalam menghafal al qur’an.
Disampaikan, tahun 2018 kemarin ada sebanyak 6 orang hafidz qur’an yang diberikan reward untuk pergi umrah ke tanah suci Makkah. Namun ini dananya tidak dari pemerintah daerah, melainkan dari para donatur yang sengaja ingin ikut memotifasi anak-anak kita dalam menghafal al Guran. Dan pada tahun ini, juga sudah ada 10 orang donatur yang mendaftar, sehingga pada tahun ini minimal aka nada 10 orang anak-anak kita yang hafidz qur’an akan diberangkatkan ke tanah suci.
Irdinansyah menghimbau, kepada warga masyarakat nagari Aie Angek untuk bisa memanfaatkan dan meramaikan masjid ini dengan baik.
“Manfaatkanlah masjid yang sudah kita bangun dengan penuh perjuangan ini untuk mendukung program pemerintah dalam menjadikan generasi yang qurani,” ujarnya.
Wakil Ketua DPRD Tanahdatar Irman mengatakan, anggaran untuk pembangunan masjid ini. Dia juga berpesan kepada pengurus masjid agar pandai-pandai dalam menjaga dan merawat masjid ini dengan baik, hal ini dimaksudkan agar semua pengunjung yang datang berkunjung untuk melaksanakan ibadah akan merasa lebih nyaman berada di masjid ini.
Wali Nagari Aie Angek Anwar mengatakan, masjid merupupakan tempat ibadah umat muslim yang mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat islam. Untuk itu dalam pemanfaatannya masjid tidak hanya digunakan untuk tempat shalat saja, melainkan juga bisa kita mafaatkan untuk berbagai kegiatan yang lainnya.
“Seperti sebagai pusat pendidikan keagamaan, pebaran syiar agama, bahkan masjid juga bisa kita manfaatkan sebagai tempat untuk menyelesaikan berbagai persolan lainnya. Namun pada dasarnya fungsi utama masjid adalah sebagai tempat ibadah,” kata Anwar.
Untuk itu, sebagai tempat ibadah masjid seharusnya diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan, shalat, dzikir, membaca dan juga tempat untuk menghafal al Quran. Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Ny. Emi Irdinansyah, Kemenag, Kabag Humas, Camat X Koto beserta Forkompimca, ninik mamak, serta undangan lainnya. (ant)

Exit mobile version