Pemko Sawahlunto Jalin MoU dengan Unand, 15 Pelajar Berprestasi Lulus Tanpa Tes

SAWAHLUNTO, METRO – Sebanyak 15 pelajar berprestasi di Kota Sawahlunto, nantinya akan lulus tanpa tes masuk Universitas Andalas (Unand). Hal ini merupakan MoU yang dilakukan sebelumnya antara Pemko Sawahlunto dengan perguruan tinggi di Sumbar tersebut.
Hal itu disampaikan Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti saat menghadiri Musyawarah Besar (Mubes) Persatuan Mahasiswa Sawahlunto (Permato) yang digelar di Kantor Camat Kecamatan Talawi, Minggu (7/4).
“Pendidikan ini sangat penting, kalau ingin kita merubah nasib maka perbaikilah pendidikan. Saya bangga dengan adek-adek semua karena telah menorehkan hal yang memang dibutuhkan kota ini demi kemajuan generasi ke depan,” ujar Wawako.
Ia menjelaskan, Pemko juga telah melakukan kerja sama dengan Universitas Andalas di semua bidang. Mulai dari bidang pendidikan, ekonomi hingga pertanian dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sawahlunto.
“Ke depannya, akan ada anak-anak Sawahlunto yang berprestasi lulus tanpa tes di Unand. Mereka meminta 10. namun kami mengajukan sebanyak 15 orang,” ungkap Zohirin.
Kepada para anggota Permato, Zohirin berpesan agar terus berjuang kuliah dengan segenap kemampuan. “Kuliah itu harus banyak membaca, rajin masuk kuliah, absen tidak boleh dititip dan pandai mengatur waktu,” katanya.
Zohirin juga berharap para anggota Permato dapat langsung turun lapangan mengunjungi sekolah-sekolah di Kota Sawahlunto dalam memberikan motivasi. Sebab kebanyakan siswa masuk perguruan tingga hanya untuk ikut-ikutan teman dan tidak pada skil yang dia miliki.
Sementara itu, ketua panitia, Dinul Usri mengatakan dengan Mubes Permato ini, ia mengajak untuk membangkitkan kembali semangat juang mahasiswa Sawahlunto demi kemajuan Sawahlunto ke depan.
“Itulah tema mubes kami kali ini. Dengan harapan mahasiswa asal Kota Sawahlunto ini dapat membawa nama harum Sawahlunto ke depan,” ungkapnya.
Dengan pendidikan, lanjutnya, akan dapat terangkat nama baik Kota Sawahlunto ini dan membawa derajat kota dengan prestasi baik dalam bidang akademis maupun nonakademis.
“Semua itu tentu bisa terwujud atas bantuan dari Pemko. Untuk itu, kami harapkan Pemko dapat terus memotivasi para mahasiwa dalam mengukir prestasi di pendidikan dan membawa nama harum Sawahlunto,” pungkasnya. (zek)

Exit mobile version