Nelayan Pessel Terima Bantuan Mesin kapal dan Asuransi

PESSEL, METRO – Pemkab Pesisir Selatan mendapatkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Periknanan RI, berupa mesin kapal dibawah 5 GT senilai Rp 400 juta dan premi asuransi nelayan (Jasindo) untuk 1.077 orang nelayan senilai Rp188.475.000. Kemarin, TPI Bungus, Padang, Selasa (2/4).
Bantuan tersebut diserahkan Kepala badan riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaya secara simbolis kepada Kadis Perikanan Pessel Andi Syafinal dan Joniwar.
Selain itu juga ada penyerahan sertifikat hak tanah untuk nelayan, bantuan KUR Outstanding dengan 91 debitur dengan nilai Rp.1.666.000.000 milyar dan non Outstanding dengan 16 debitur rp.1.588. 362.366 serta bantuan benih ikan 60 ribu ekor.
Kepala Badan Riset dan SDM Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja mengatakan, KKP berkonsentrasi pada program kesejahteraan nelayan, program untuk nelayan kapal dibawah 5 GT, budidaya menyebar benih ikan, agar mereka tumbuh lagi, program untuk anak muda yaitu adanya sekolah KKP di yang dibiayai oleh negara
“Mempersiapkan permodalan untuk nelayan suku bunga 4 persen melalui dana bergulir pemerintah sebesar 3.7 milyar,” ujar Sjarief.
Bupati Pessel Hendrajoni, kita tentu sangat sambut baik program pemerintah pusat, sebagai daerah perikanan bantuan ini sangat bermanfaat untuk nelayan. “Kedepan kita harus jemput bola, apa saja program kementerian kita akan ajukan proposalnya, tujuannya untuk nelayan,” jelasnya.
Penyerahan bantuan itu sendiri dilakukan di TPI Bungus Padang, Selasa (2/04) serta dihadiri anggota DPR RI Alek Indra Lukman, Danrem, Lantamal, Anggota IV BPK RI rizal Djalil, Asisten II Sekdaprov Sumbar Beni Warlis. (rio)

Exit mobile version