UPP Sumbar Dukung Keberadaan Mal Pelayanan Publik di Padang Panjang, Wujud Pelayanan Transparan, Cepat dan Bebas Pungli

KUNJUNGI—Jaksa Utama Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Suparjo, S.H, saat berkunjung ke MPP di sela-sela kegiatan supervisi dan asistensi ke UPP Padang Panjang bersama Tim Provinsi.

PDG. PANJANG, METRO–Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Provinsi Su­matera Barat memberikan dukungan terhadap keberadaan Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai salah satu upaya mewujudkan pelayanan yang transparan, cepat, dan bebas pu­ngutan liar (pungli).  Hal ini disampaikan Jaksa Utama Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Suparjo, S.H, Kamis (12/12), saat berkunjung ke MPP di sela-sela kegiatan supervisi dan asistensi ke UPP Padang Panjang bersama Tim Pro­vinsi.

Menurut Suparjo, keberadaan MPP merupakan langkah progresif yang memberikan kemudahan kepada masyarakat guna mengakses berbagai la­yanan pemerintahan dan publik di satu tempat.

“Kami sangat mendu­kung keberadaan MPP ini karena dapat memangkas birokrasi yang berbelit-belit dan meminimalkan potensi terjadinya pungutan liar. Namun, MPP juga ha­rus mampu menjaga integritas de­ngan menerapkan prinsip pelayanan yang jujur, akuntabel, dan bebas dari segala ben­tuk kecu­rangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, integritas menjadi kunci keberhasilan MPP sebagai wajah baru pelayanan publik di Padang Panjang.

“MPP harus menjadi simbol kejujuran dan profesionalisme. Seluruh petugas di dalamnya wajib me­ngedepankan pelayanan prima tanpa ada celah untuk tindakan pungli. Ini tidak hanya menjadi tanggung jawab manajemen, tetapi juga seluruh pihak yang terlibat dalam operasionalnya,” tegas Suparjo.

Dalam kesempatan ter­sebut, Suparjo juga me­ngimbau agar MPP melibatkan sistem pengawasan yang transparan dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi.

“Teknologi digital se­perti sistem antrean online dan pembayaran nontunai harus dioptimalkan untuk mencegah praktik pungli. Dengan demikian, MPP dapat memberikan kenyamanan dan kepercayaan penuh dari masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Padang Panjang, Tismaria, S.E, M.Si menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dan dukungan dari Tim UPP Sumbar.

“Kami berterima kasih atas kunjungan dan masukan yang diberikan. Kehadiran Tim UPP Sumbar menjadi motivasi bagi kami untuk terus me­ning­katkan kualitas pela­yanan di MPP,” ungkapnya.

Tismaria menyebutkan, pihaknya akan terus menjaga integritas dalam pelayanan, sejalan dengan arahan UPP Sumbar.

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada ma­syarakat, sesuai prinsip transparansi dan akuntabilitas yang menjadi prioritas kami,” tuturnya.

Dengan dukungan UPP Sumbar, sebutnya,, MPP diharapkan dapat menjadi contoh pelayanan publik yang profesional dan bebas pungli, sekaligus me­ningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. (rmd)

Exit mobile version