Dinas Pertanian Tingkatkan Produksi Hasil Tani 2020

KOTOTANGAH, METRO – Guna meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dan memotifasi kinerja aparatur pertanian serta stakeholder terkait, maka Dinas Pertanian Payakumbuh bersama Bappeda mengadakan forum perangkat daerah untuk perencanaan tahun 2020 di Bakinco Rumah, Kelurahan Koto Tangah, Senin (18/3).
Kepala Bappeda dalam hal ini diwakilkan oleh Kasubid Pengembangan Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif Husnadi mengatakan, pemaparan Dinas Pertanian merupakan hasil Musrenbang kecamatan yang telah selesai dilaksanakan untuk dibahas kembali dan memilih skala prioritas.
Husnadi menjelaskan, pertemuan para OPD di forum bertujuan untuk merumuskan pendapat dan saran serta masukan dari para pemangku kepentingan pembangunan di tingkat kecamatan dan dinas khususnya Pertanian.
“Sehingga menghasilkan penyusunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah yang menjadi skala prioritas di Dinas Pertanian untuk tahun 2020,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra dalam paparannya menyampaikan apa saja upaya yang akan diambil pemerintah dalam meningkatkan produksi padi, cabe, bawang merah, kopi dan lainnya di tahun 2020.
Seperti upaya peningkatan produksi padi yakni pemberian bantuan benih unggul, pembangunan jaringan irigasi, pembangunan jalan pertanian, pengembangan penangkar benih, peningkatan penerapan teknologi sistem tanam, peningkatan kepemilikan alsintan dan penguatan kelembagaan kelompok.
Dalam kesimpulannya, Depi mengatakan bahwa tidak semua usulan dapat diakomodir pada renja OPD 2020, sehingga para utusan Kecamatan yang hadir saat itu harus maklum apabila ada usulannya yang tidak diakomodir pada 2020
Forum perangkat daerah ini dihadiri oleh seluruh OPD, Camat se-Payakumbuh, KTNA kota dan kecamatan, Gapoktan dan Pokdakan se-Payakumbuh. (us)

Exit mobile version